Selasa, 21 November 2023 11:26

RS Indonesia Dikoyak Bom Tentara Israel, WHO Minta Dunia Tak Berpangku Tangan

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

ABATANEWS.COM — Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO meminta kepada dunia untuk tidak tinggal diam atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh tentara Israel di Palestina, khususnya di Gaza.

WHO melontarkan kritik pedas atas tindakan tentara Israel yang membombardir RS Indonesia di Gaza.

“Rumah Sakit Indonesia dilaporkan mengalami kerusakan akibat setidaknya lima serangan sejak 7 Oktober,” kata badan kesehatan PBB tersebut melalui pernyataan resminya.

Baca Juga : Keji! Tentara Israel Ikat Pria Palestina di Atas Mobil untuk Dijadikan Tameng

Selain RS Indonesia, RS Al Shifa di Gaza juga sudah diporak-porandakan oleh tentara Israel. Dalam berbagai laporan, ada 12 nyawa melayang. Padahal, RS Al Shifa ialah RS terbesar di Gaza.

“Dunia tidak bisa tinggal diam sementara rumah sakit ini, yang seharusnya menjadi tempat berlindung yang aman, berubah menjadi tempat kematian, kehancuran, dan keputusasaan.”

“Orang-orang yang berusaha meninggalkan fasilitas medis tersebut dilaporkan mendapat ancaman. Ada banyak serangan yang terus-menerus terhadap fasilitas kesehatan dalam enam minggu terakhir yang mengakibatkan evakuasi massal secara paksa dari RS hingga banyak korban jiwa,” kata WHO seperti dikutip Al Jazeera.

Penulis : Wahyuddin
Komentar