Rabu, 21 April 2021 19:47

Rapsel Ali Jadi Menteri, Putri Syahrul Yasin Limpo Bakal Masuk “Senayan”

Indira Chunda Thita
Indira Chunda Thita

ABATANEWS, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo hampir dipastikan melakukan reshuffle kabinet. Sejumlah nama menteri yang akan diganti telah ramai dibicarakan.

Begitu juga nama calon menteri baru yang akan masuk dalam perombakan kabinet Jilid II sudah banyak disebut. Salah satu yang santer dikabarkan bakal jadi menteri adalah Anggota DPR RI Fraksi NasDem dari Dapil Sulsel 1 Muhammad Rapsel Ali.

Pria kelahiran 6 Mei 1971 itu adalah menantu Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Suami Nur Azizah itupun sudah pernah menghadap Presiden Joko Widodo dan banyak yang menafsirkan pemanggilan itu terkait reshuffle kabinet.

Baca Juga : Dirumorkan Jadi Kepala BIN, Dudung Ngaku Ingin Jadi Petani

Sementara, Syahrul Yasin Limpo adalah menteri dari NasDem yang banyak disebut media bakal digantikan Rapsel Ali. Petinggi NasDem pun tidak membantah isu masuknya Rapsel Ali dalam radar menteri. Bahkan, Wakil Ketua NasDem Ahmad Ali menyebut partainya mendukung jika ada kader yang dinilai layak menjadi menteri.

“Sebagai partai pasti senang kalau ada kader dianggap layak atau mumpuni menjadi menteri. Namun kami paham benar bahwa mengangkat atau memberhentikan seseorang pada suatu jabatan, itu menjadi kewenangan Presiden,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Jika benar, Rapsel dipilih Presiden Jokowi mengganti SYL, maka hal itu justru menjadi kesempatan bagi putri SYL, Indira Chunda Thita Syahrul. Sebab, Ketua Garda Wanita Malahayati DPP NasDem tersebut bakal menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Rapsel Ali di DPR RI.

Baca Juga : Presiden Jokowi Pastikan Lakukan Reshuffle Kabinet Pekan Ini

Pada Pileg lalu, Rapsel Ali menyingkirkan dua keluarga dekat Syahrul Yasin Limpo di internal partai NasDem Dapil Sulsel 1, yakni anaknya dan kakaknya Tenri Olle Yasin Limpo.

Dalam hitungan KPU, Rapsel Ali mendapatkan 43.382 suara. Sementara Titha berada di urutan kedua yakni hanya mengumpulkan 38.497 suara.

Kemenangan Rapsel di Dapil Sulsel 1 sekaligus mengakhiri dominasi klan Yasin Limpo di pileg. Bahkan waktu itu, Syahrul Yasin Limpo juga kalah bersaing di Dapil Sulsel 2 lewat Partai NasDem.

Komentar