Rabu, 13 Oktober 2021 16:32

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Bakal ke Indonesia Tahun Depan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Bakal ke Indonesia Tahun Depan

ABATANEWS – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2022 mendatang.

Rencana kunjungan Presiden Turki itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi pada konferensi pers hari Selasa (12/10/2021).

Diketahui, Menlu Retno baru saja melakukan kunjungan ke Ankara, Turki melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu.

Baca Juga : Segini Anggaran Digunakan Bangun Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Wahidin Sudirohusodo

Termasuk pula melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Turki dan pertemuan dengan asosiasi konstruksi Turki.

“Dalam pertemuan kami juga membahas persiapan rencana kunjungan Presiden Erdogan ke Indonesia yang dijadwalkan pada tahun 2022,” ujar Menlu.

Erdogan pernah direncanakan ke Indonesia pada tahun 2020. Namun karena pandemi Covid-19, kunjungan orang nomor satu di Turki itu ditunda.

Baca Juga : Resmikan RS Kemenkes Makassar, Jokowi Harap Tak Ada Lagi Masyarakat Berobat ke Luar Negeri

Recep Tayyip Erdogan pernah ke Indonesia dan diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/7/2015). Kunjungan kenegaraan ini bertepatan dengan perayaan 65 tahun hubungan kerja sama antara Indonesia dan Turki.

Dalam kunjungannya itu, Erdogan bercerita saat bencana tsunami di Indonesia. Ketika itu dia masih menjabat sebagai Walikota Istanbul.

Saat itu ia turut serta dalam rombongan pemerintah Turki yang datang ke Aceh dan memberi bantuan bagi warga Aceh yang terkena musibah.

Baca Juga : Jokowi Pastikan ASN Akan Dipindahkan ke IKN Jika Fasilitas Sudah Siap

“2005 dan 2012 saya melakukan kunjungan ke Indonesia. Dan teman saya Jokowi masih menjadi kepala daerah, dan saya tidak melihat adanya perbedaan level demokrasi dan level daerah,” ujar Erdogan saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/72015).

Komentar