Selasa, 14 Mei 2024 22:05

PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundur Diri, Kabinetnya Dibubarkan Besok

PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundur Diri, Kabinetnya Dibubarkan Besok

ABATANEWS, SINGAPURA — Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengundurkan diri. Ia telah mengajukan surat pengunduran dirinya ke Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam pada Senin (13/5/2024) kemarin.

Dengan mundurnya Lee, maka pemerintahannga akan dibubarkan pada Rabu (15/5/2024) besok. Kendati demikian, Lee tidak mundur begitu saja. Ia meminta Lawrence Wong, Menteri Keuangan Singapura, untuk menggantikan posisinya dan membentuk pemerintahan baru.

Mengutip The Star, Tharman telah menunjuk Wong untuk menggantikan Lee. Tharman diminta untuk segera membentuk pemerintahan baru menggantikan kabinet Lee.

Lee, yang memutuskan mundur pada usia 72 tahun merupakan putra dari PM pertama Lee Kuan Yew.

Pengumuman pergantian pemerintahan Singapura diumumkan Lee pada April lalu. Ketika itu dia menyebut, pelantikan Wong akan dilakukan 15 Mei 2024.

“Perdana Menteri Lee Hsien Loong akan meletakkan jabatan pada 15 Mei 2024. Dia secara resmi telah mengajukan pada Presiden untuk menunjuk Deputi PM dan Menteri Keuangan Bapak Lawrence Wong sebagai pengganti,” kata kantor PM Singapura seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Deputi PM mendapat dukungan penuh dari anggota parlemen PAP (partai berkuasa di Singapura). PM Baru akan dilantik di Istana pada 15 Mei 2024 pukul 08.00 pagi,” sambung mereka.

Penulis : Azwar
Komentar
Berita Terbaru