Jumat, 10 November 2023 12:16

Pj Gubernur Sulsel Pimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional di TMP Panaikang

Pj Gubernur Sulsel Pimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional di TMP Panaikang

ABATANEWS, MAKASAAR — Jajaran Forkopimda Sulawesi Selatan menggelar upacara di Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Jumat, (10/11/2023).

Hadir Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharudin, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Iman Santoso hingga Wakapolda Sulsel Brigjen Pol CH Patoppoi.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyampaikan, hari pahlawan nasional merupakan momentum yang sangat penting untuk mengenang para pejuang bangsa.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Zudan Tekankan Pentingnya Pembangunan Pendidikan dan Ekonomi Regional di Kota Parepare

“Karena pahlawan itulah yang mewariskan kita nikmat kemerdekaan sehingga hari ini kita bisa semua berdiri disini. Bisa bekerja, bisa berkeluarga, macam-macam yang bisa kita lakukan, menikmati karena jasa pahlawan,” ucapnya kepada wartawan.

Dia membayangkan jika tak ada pahlawan yang mewariskan kemerdekaan, Indonesia bisa saja masih terjajah hingga saat ini.

“Oleh karenanya digunakanlah kesempatan yang baik ini. Beliau dulu tidak melakukan ini, tidak mengharapkan mendapatkan apa-apa, tapi kita ini yang hidup mewariskan nikmat kemerdekaan. Kenapa dibiarkan tidur,” ujarnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bareng Danny Pomanto Tinjau Pasar Tradidional Jepang Idul Adha

Lebih lanjut, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini menyinggung soal banyaknya lahan yang terlantar di Sulsel.

“Mestinya kita bekerja lebih keras. Ini lahan luas sekali Sulsel 7 juta hektar. Kita diberikan, diwarisi kemerdekaan, kita biarkan lahan-lahan terlantar segala macam. Mulai hari ini harus bangkit masyarakat Sulsel. Kita berleha-leha dari sambutan ibu menteri tadi, kita harus merdeka dari kemiskinan dan kebodohan. Jadi selamat hari pahlawan terima kasih,” tandasnya.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Iman Santoso mengajak untuk bersama-sama memaknai hari pahlawan nasional.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Zudan Harap Festival Sulsel Menari Kembali Digelar Tahun Depan

“Tadi sudah disampaikan baik dalam amanat, tema dan pesan-pesan para pahlawan bahwa kita harus bekerja keras memerangi kemiskinan dan kebodohan. Mari sama-sama kita sinergi bergandeng tangan dan bersatu padu untuk bekerja keras untuk berbuat NKRI. Itu saja. Jadi tidak ada lagi berbicara masalah sektoral dan kepentingan pribadi. Tadi juga semangat untuk beberapa program Sulsel, mari kita maksimalkan,” tandasnya.

Usai upacara, jajaran Forkompinda tabur bunga di makam Andi Depu Maraddia Balanipa atau Puang Depu Maraddia Balanipa, Robert Wolter Mongisidi, Emmy Saelan hingga Amin Syam.

Penulis : Wahyuddin
Komentar