Jumat, 05 November 2021 20:39

Pil Covid Pfizer Diklaim Kurangi Risiko Kematian Hingga 90 persen

Pil Covid Pfizer Diklaim Kurangi Risiko Kematian Hingga 90 persen

ABATANEWS — Pfizer mengumumkan bahwa pil antivirus eksperimentalnya untuk COVID-19mampu memangkas tingkat rawat inap dan kematian hampir 90 persen.

Pfizer ikut membuat obat pertama yang mudah digunakan melawan virus corona.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Pfizer merilis hasil awal pada hari Jumat dari studinya terhadap 775 orang dewasa. Pasien yang memakai pil Pfizer mengalami penurunan 89 persen tingkat rawat inap atau kematian setelah sebulan, dibandingkan dengan pasien yang memakai pil tiruan.

Kurang dari 1% pasien yang memakai obat perlu dirawat di rumah sakit dan tidak ada yang meninggal. Pada kelompok pembanding, 7% dirawat di rumah sakit dan ada tujuh kematian.

“Kami berharap bahwa kami memiliki sesuatu yang luar biasa, tetapi jarang Anda melihat obat-obatan hebat datang dengan hampir 90% kemanjuran dan perlindungan 100% untuk kematian,” kata Dr. Mikael Dolsten, kepala petugas ilmiah Pfizer, dalam sebuah wawancara.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

Peserta penelitian tidak divaksinasi dengan gejala COVID-19 ringan hingga sedang. Mereka dianggap berisiko tinggi untuk dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, atau penyakit jantung. Pengobatan dimulai dalam tiga sampai lima hari dari gejala awal.

Pfizer melaporkan beberapa efek samping dari penggunaan pil tetapi mengatakan hanya sekitar 20%.

Saat ini semua perawatan COVID-19 yang digunakan di AS memerlukan infus atau suntikan. Pil COVID-19 pesaing Merck sudah ditinjau di Food and Drug Administration setelah menunjukkan hasil awal yang baik. nggris menjadi negara pertama yang menyetujuinya.

Baca Juga : Aturan Baru Soal Covid-19: Tak Ada Lagi Kewajiban Kenakan Masker

Pfizer mengatakan akan meminta FDA dan regulator internasional untuk mengesahkan pilnya sesegera mungkin.

Para peneliti di seluruh dunia telah berlomba untuk menemukan pil melawan COVID-19 yang dapat diminum di rumah untuk meringankan gejala, mempercepat pemulihan, dan mengurangi beban berat pada rumah sakit dan dokter.

Komentar