Senin, 28 Juni 2021 18:05

Persiapan Screening, Dinkes Makassar Bimtek Satgas Detektor 153 Kelurahan

Persiapan Screening, Dinkes Makassar Bimtek Satgas Detektor 153 Kelurahan

ABATANEWS, MAKASSAR – Guna persiapan screening Covid-19 bagi warga Kota Makassar, Dinas Kesehatan memberikan bimbingan teknis kepada para satgas detektor untuk 153 kelurahan.

Plt Kadis Kesehatan Makassar, dr Andi Hadijah Iriani mengatakan, mereka yang diberi bimtek alat GeNose C19 ini adalah tim satgas detektor Makassar Recover yang bertugas di kelurahan. Makassar yang memiliki 153 kelurahan diberi alat GeNose C19 satu unit per-kelurahan.

“Setiap alat GeNose C19 disiapkan dua orang SDM, satu dari kelurahan satu dari Puskesmas. Jadi jumlah yang dilibatkan sebanyak 306 di 153 kelurahan,” kata dr Andi Hadijah Iriani.

Baca Juga : Pemkot Makassar Aktifkan Kembali Makassar Recover Untuk Cegah Omicron

Untuk memantapkan penggunaan alat GeNose C19, Dinas Kesehatan Kota Makassar akan kembali melakukan bimbingan teknis.

“Saya lihat mereka cepat paham pengunaan alat ini dan sudah tahu cara pengambilan napas dalam kantong. Tapi agar lebih mantap lagi, kami akan lakukan bimtek satu kali lagi,” ucap dr Andi Hadijah Iriani.

Untuk mencegah penyebaran Covid, pemerintah kota Makassar akan melakukan screening massal di setiap kelurahan yang akan dimulai pada tanggal satu 1 Juli mendatang.

Baca Juga : Danny Paparkan Capaian Pemkot Makassar Sepanjang Tahun 2021

dr Andi Hadijah Iriani mengatakan screening merupakan tindakan awal yang dilakukan relawan di kelurahan. Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit atau hanya di rumah.

Nantinya yang positif dari tes GeNose akan dilakukan tes PCR untuk konfirmasi.

“Alat GeNose C19 hanya melakukan screening awal. Tindakan selanjutnya untuk memastikan Covid kembali dilakukan tes PCR,” jelas Andi Hadijah Iriani.

Komentar