Selasa, 21 Februari 2023 17:02

Pengumuman PPPK Guru 2022 Kembali Ditunda

Ilustrasi PPPK Guru.
Ilustrasi PPPK Guru.

ABATANEWS, JAKARTA — Pengumuman hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru 2022 hingga saat ini masih dalam penantian/ditunda.

Para peserta dapat mengecek pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 secara rutin di laman gurupppk.kemdikbud.go.id atau sscasn.bkn.go.id.

Seperti diketahui, pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 sebelumnya dijadwalkan pada 2-3 Februari 2023

Baca Juga : 17 PPPK Guru Lingkup Provinsi Gorontalo Resmi Dilantik

Berdasarkan pantauan di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id, Selasa (21/2/2023) dikatakan bahwa pengumuman PPPK Guru 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Beberapa waktu lalu, Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudr Ristek Nunuk Suryani telah memastikan bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 akan berlangsung bulan ini.

Baca Juga : Kemendikbudristek Minta Tunjangan Profesi Guru Segera Dicairkan

“Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari sesuai arahan BKN,” kata Nunuk Suryani, dikutip Selasa (21/2/2023).

Disebutkan, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) memutuskan menunda hasil seleksi sebagai bagian dari upaya untuk memaksimalkan terisinya formasi yang tersedia.

Hal ini memungkinkan kesempatan yang seluas-luasnya bagi para guru untuk menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN PPPK.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta Tenaga Guru PPPK Lahirkan SDM Unggul

Nunuk menjelaskan, setelah dilakukan seleksi ASN PPPK 2022 untuk pelamar prioritas 1, pelamar prioritas 2, pelamar prioritas 3, dan pelamar umum, masih ada formasi yang kosong.

Oleh sebab itu, perlu diupayakan agar ASN khususnya PPPK 2022 direkrut lebih banyak.

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar dapat diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi. Saya harap ini dapat dipahami, karena kami ingin jumlah ASK PPPK yang diterima lebih banyak,” jelasnya.

Baca Juga : Bupati Indah Sebut Ada 1800 Formasi PPPK untuk Pendidikan di Tahun 2023

Ada 2 cara cek pengumuman PPPK Guru 2022 bisa dilakukan pelamar untuk mengetahui hasil seleksi.

Kedua link tersebut disediakan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun saat ini tahap PPPK guru telah memasuki tahap pengumuman hasil seleksi untuk prioritas 1-3, dan pelamar umum.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Umumkan Hasil Seleksi PPPK Guru, Cek Hasilnya di Sini

Setelah masa pengumuman berakhir, pemerintah akan membuka masa sanggah selama kurang lebih 2 hari yang berlangsung 2 sampai 6 Februari 2023. Kemudian peserta diberikan masa jawab sanggah selama 7- 13 Februari 2023.

Penulis : Wahyuddin
Komentar