Rabu, 04 September 2024 15:18

Pemprov Sulsel Tengah Godok Siapa Pengganti Sementara Danny Pomanto di Makassar

Pemprov Sulsel Tengah Godok Siapa Pengganti Sementara Danny Pomanto di Makassar

ABATANEWS, MAKASSAR – Memasuki tahapan Pilkada Serentak 2024, lima daerah di Sulawesi Selatan sedang bersiap menghadapi transisi kepemimpinan sementara. Kabupaten Bulukumba, Toraja Utara, Luwu Timur, Maros, dan Kota Makassar akan dipimpin oleh Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Daerah, seiring dengan persiapan para kepala daerah saat ini untuk ikut dalam kontestasi politik.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel, Idham Kadir, mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi saat ini tengah memproses kandidat Pjs untuk lima daerah tersebut.

“Para kepala daerah yang akan maju sebagai kandidat dalam Pilkada 2024 akan digantikan sementara oleh Pjs,” ujar Idham, pada Selasa (3/9/2024).

Baca Juga : Pendaftaran Berakhir, Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2024 Ada 41

Pemprov Sulsel telah mengusulkan tiga nama kandidat untuk setiap daerah kepada Pj Gubernur Sulsel, yang kemudian akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan total lima daerah, ada 15 kandidat Pjs yang akan dipertimbangkan, semuanya dari eselon II lingkup Pemprov Sulsel.

Penunjukan Pjs ini menjadi prioritas mengingat penetapan pasangan calon kepala daerah oleh KPU yang akan dilakukan pada 22 September 2024.

Baca Juga : Sudah 8 Kepala Daerah di Sulsel yang Ajukan Cuti Kampanye

Waktu yang tersisa kurang dari tiga pekan menuntut proses penunjukan ini dilakukan dengan cepat dan tepat.

Sejauh ini, Pemprov Sulsel telah menerima pengajuan cuti dari dua kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada, termasuk Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dan Bupati Bulukumba bersama wakilnya.

“Surat ajuan cuti dari Wali Kota Makassar baru saja masuk dan sedang dalam proses. Bupati Bulukumba dan wakilnya juga telah mengajukan hal yang sama,” ungkap Idham.

Penulis : Wahyuddin
Komentar