Senin, 26 Februari 2024 17:40

Pemprov Sulsel Akui Huadi Group Serap SDM Lokal dan Tekan Kemiskinan

Pemprov Sulsel Akui Huadi Group Serap SDM Lokal dan Tekan Kemiskinan

ABATANEWS, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengakui kehadiran investasi seperti perusahaan smelter Huadi Group selain menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat membantu untuk menekan angka kemiskinan di Provinsi Sulsel.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari mengaku, kehadiran Huadi Group berinvestasi di Sulsel khususnya di Kabupaten Bantaeng sangat membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Jadi kehadiran smester di sebuah daerah atau adanya investasi itu, saya kira sangat memberikan keuntungan bagi daerah. Karena investasi itu yang bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi,” kata Ichsan Mustari kepada awak media, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 26 Febuari 2024.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Lokasi Banjir di Suli, Beri Bantuan Sembako ke Warga Terdampak

Menurut Ichsan Mustari, dampak dari kehadiran perusahaan smelter baik di Kabupaten Bantaeng maupun Provinsi Sulsel memberikan efek besar khusus penyerapan SDM dan mengurangi kemiskinan.

“Artinya juga kehadiran investasi ini bisa memberikan dampak daripada persoalan, pertama adalah ketenagakerjaan yang kedua adalah kemiskinan,” tutur Ichsan Mustari.

Ia menjelaskan, berdasarkan pertemuan antara Huadi Group dengan Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden, Sudiyarto, Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan dirinya mewakili Pemprov Sulsel, Kamis 25 Januari 2024 lalu, memang disepakati SDM lokal Bantaeng 85 persen selebihnya luar Kabupaten Bantaeng, termasuk tenaga ahlinya.

Baca Juga : 18 Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja, Pj Gubernur: Perintahkan Semua Potensi Berikan Bantuan dan Evakuasi

“Memang hasil pertemuan kita dengan KSP dengan pemerintah kabupaten Bantaeng sepakat hal seperti itu (SDM lokal) dan kita melihat juga kemarin sangat memberikan manfaat ya. Manfaat kepada masyarakat karena data yang di perlihatkan oleh Huadi Group memang tenaga kerja lokal yang di ambil sekitar Bantaeng 85 persen. Ini kelebihan dari Huadi Group,” urai Ichsan Mustari.

“Nah untuk sisanya itu mesti ada orang ahli kan yang tidak ada di daerah, maka mengambil dari luar. Tapi komitmen ini menjadi penting bagi daerah terutama di Sulawesi Selatan bagaimana persoalan kesejahteraan rakyat itu di perhatikan,” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar