Sabtu, 01 Mei 2021 12:34

Pemkab Maros Siap Cairkan Rp32 Miliar THR untuk ASN

Bupati Maros Chaidir Syam (Foto:IST)
Bupati Maros Chaidir Syam (Foto:IST)

ABATANEWS, MAROS – Pemerintah Kabupaten Maros menyiapkan Rp32 miliar anggaran untuk tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN).

Dana tersebut disiapkan untuk 7.000 lebih ASN di lingkup Pemkab Maros. Bupati Maros Chaidir Syam mengatakan, dana itu sudah disiapkan jauh hari mengikuti kebiasaan Pemkab Maros di era sebelumnya

Baca Juga : Bupati Maros jadi Pembicara di Perpusnas Terkait Transformasi Perpustakaan

“Kami siapkan untuk pembayaran THR bagi 7 ribu lebih ASN, kita akan bayar sesuai juknis pembayaran dan PP (Peraturan Pemerintah) dari Kementerian Keuangan,” kata Chaidir Syam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, CPNS, TNI, Polri, pejabat negara, pensiunan, penerima pensiun, dan lain-lain untuk 2021.

Disebutkan, pembayaran THR akan dimulai pada H-10 hari raya Idul Fitri. Adapunpemberian THR ini diperuntukkan bagi PNS, CPNS, TNI, Polri, pejabat negara, pensiunan, penerima pensiun, dan lainnya.

Baca Juga : Dewan Minta Pemkab Maros Tutup Wisata Air Terjun Jami Usai Telan Korban Jiwa

Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 yang ditetapkan dan ditandatangani pada 28 April 2021.

THR dan gaji ketiga belas bagi calon PNS terdiri atas 80 persen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang saku, dan tunjangan umum. Komponen THR yang diterima pensiunan masih sama, namun bedanya gaji pokok diganti dengan pensiunan pokok.

Dalam penghitungan THR ini, pemerintah tidak memasukkan tukin (tunjangan kinerja), tambahan penghasilan pegawai, insentif kinerja, dan tunjangan lainnya.

Baca Juga : Bupati Maros Luncurkan Program Inkubasi Pertanian di Tompobulu

Chaidir menambahkan, pihaknya akan mengikuti PP dan PMK untuk pembayaran THR yakni H-10 Lebaran. Untuk diketahui, jumlah ASN di Kabupaten Maros sebanyak 7.120 orang dengan eselon II sebanyak 35 orang.

Komentar