Sabtu, 16 Oktober 2021 17:02

Pemerintah Diminta Percepat Vaksinasi untuk Antisipasi Gelombang Ke-3 Covid-19

Pemerintah Diminta Percepat Vaksinasi untuk Antisipasi Gelombang Ke-3 Covid-19

ABATANEWS – Virolog Universitas Udayana I Gusti Ngurah Kade Mahardika menyebut, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah gelombang ke-3 Covid-19, adalah dengan mempercepat vaksinasi.

“Pemerintah harus mempercepat vaksinasi, kalau sekarang 1,5 juta vaksin per hari. Kalau bisa 2 – 4 juta vaksin per hari,” kata I Gusti Ngurah dikutip dari kontan.co.id.

Jika tidak segera dilakukan, diperkirakan gelombang ketiga Covid-19 bisa terjadi. Dia bahkan memprediksi, pola kasus Covid-19 akan sama dengan tahun lalu. Diperkirakan lonjakan kasus Covid-19 akan terjadi pada bulan Januari – Februari 2022.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

“Karena tahun lalu juga persis sama yakni pada bulan Desember, Januari, Februari,” terangnya.

Tak hanya itu, lonjakan Covid-19 juga kembali terjadi pada bulan Juli 2021. Itu sama persis dengan apa yang terjadi pada tahun sebelumnya yakni 2020.

Sebelumnya, lonjakan kasus positif Covid-19 yang tak terhenti pada Juli 2021 menyebabkan jumlah zona merah corona di Indonesia terus bertambah. Hampir seluruh provinsi di Indonesia terdapat zona merah corona.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

Zona merah corona adalah daerah berisiko tinggi penularan virus corona penyebab Covid-19. Satgas Covid-19 memperbarui data zona penularan virus corona, dari zona merah, zona hijau, dan zona oranye setiap minggu.

Komentar