Rabu, 21 September 2022 14:18

Pemerintah Akan Bagi Kompor Listrik Senilai Rp1,8 Juta ke 300 Ribu Keluarga

Ilustrasi kompor listrik
Ilustrasi kompor listrik

ABATANEWS, JAKARTA – Migrasi dari kompor gas LPG ke kompor listrik akan segera dilakukan. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, pemerintah telah menyiapkan paket kompor listrik senilai Rp1,8 juta untuk 300 ribu kepala keluarga.

“Satu rumah itu dikasih satu paket kompor listrik,” kata Rida, di Gedung DPR RI, pada Rabu (21/9/2022) dikutip dari Merdeka.com.

Penerima paket kompor listrik itu ialah mereka yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Paket kompor listrik itu terdiri dari kompor induksi dua tungku, alat masak dan Miniatur Circuit Breaker (MCB) yang berfungsi untuk mengatur kenaikan daya listrik di rumah tangga.

Baca Juga : Erick Thohir Pastikan Tak Ada Penghapusan LPG

“Rp 1,8 juta itu rencana awal dengan dua tungku yang sama kapasitasnya,” kata Rida.

Namun, lanjut dia, ada usulan kompor yang dibagikan hanya 1 tungku. Artinya kompor induksi ini memiliki daya yang lebih besar dan harganya naik. Namun hal ini masih dalam pembahasan.

“Nah masih dikalkulasi berapa harganya, harusnya kan nggak Rp 1,8 juta lagi, pasti lebih naik Rp 2 juta lah,” ujarnya.

Baca Juga : Kementerian ESDM Ngaku Tak Intervensi Harga Pertalite Milik Vivo

Sementara itu, pembagian MCB ditujukan kepada pelanggan rumah tangga yang dayanya masih di bawah 1.000 VA. Pemberian MCB ini akan memudahkan pemerintah dalam menilai penggunaan bantuan di masyarakat.

 

Penulis : Wahyuddin
Komentar