Senin, 03 Juni 2024 20:07

Pemda Takalar Peringati Harlah Pancasila, Upacara Dipimpin Ketua DPRD Darwis Sijaya

Pemda Takalar Peringati Harlah Pancasila, Upacara Dipimpin Ketua DPRD Darwis Sijaya

ABATANEWS, TAKALAR – Pemerintah Kabupaten (Pemda) Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2024. Dalam peringatan ini, dilaksanakan upacara di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin, (3/6/2024).

Upacara ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, perwakilan Forkopimda Takalar serta para Pimpinan OPD Lingkup Takalar. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Baca Juga : PKK Takalar Qurban 2 Ekor Sapi

Ketua DPRD Ir. Darwis Sijaya bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila RI Yudian Wahyudi mengatakan bahwa hari lahir pancasila diperingati ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan.

“Bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan sidang Badan Penyidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUUPK). Didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Ia juga menambahkan dalam momentum yang sangat bersejarah ini, dirinya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap-aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga : Kisruh Kades-BPD Usai, Tenreng Masih Sah Ketua BPD Pannyangkalang

Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan menfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia.

“Perkembangan situask global yqng ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi dimasa depan,” imbuhnya.

Ia juga mengemukakan dengan semangat Pancasila yang kuat yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa indonesia akan dapat diatasi. Terlebih ditengah krisis global yang terjadi, indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Evaluasi dan Pengawasan Kinerja Pemerintah Daerah Takalar Melalui Aplikasi Ewaki

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan senagai wujud mengamalan nilai-nilai pancasila,” turup Ketua DPRD Takalar.

Diakhir upacara dirangkaian dengan pemuerahan penghargaan Purna Bakti dari Pemerintah Kab. Takalar yang diserahkan oleh Sekda Takalar H. Muh. Hasbi, S.STP. M.AP kepada Hj. Hijrah sebagai Kepala Bagian Umum Setda Kab. Takalar.

Penulis : Wahyuddin
Komentar