Rabu, 06 Oktober 2021 21:55

Pihak Gereja Lecehkan 330.000 Anak di Prancis, Paus Fransiskus: Saya Malu!

Paus Fransiskus (Foto: Evandro Inetti/Zuma Press Wire/Rex/Shutterstock)
Paus Fransiskus (Foto: Evandro Inetti/Zuma Press Wire/Rex/Shutterstock)

ABATANEWS, ROMA — Paus Fransiskus mengatakan dirinya malu oleh kegagalan gereja Katolik untuk menangani para imam pedofil di Prancis.

Sebuah laporan pada hari Selasa menemukan bahwa setidaknya 330.000 anak-anak dilecehkan secara seksual oleh pendeta dan anggota lembaga gereja di Prancis selama 70 tahun terakhir.

Paus mengakui bahwa gereja gagal untuk melindungi para korban. Kasus ini merupakan salah satu kecaman terkuatnya terhadap pelecehan seksual anak di gereja Katolik hingga saat ini.

Baca Juga : Diduga Cabuli 20 Santriwati, Pimpinan Ponpes di Karawang Dipolisikan

“Sayangnya, jumlahnya cukup banyak,” kata Paus Fransiskus dalam audiensi mingguannya di Vatikan, Rabu (6/10/2021) dilansir The Guardian.

“Saya ingin mengungkapkan kepada para korban akan kesedihan dan rasa sakit saya atas trauma yang mereka derita. Ini juga merupakan rasa malu saya, rasa malu kami, karena ketidakmampuan gereja memperhatikan mereka,” tambah Paus.

Fransiskus mendesak semua uskup untuk mengambil tindakan untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang. Ia juga menyerukan umat Katolik di Prancis untuk bekerja memastikan bahwa gereja adalah tempat yang aman untuk semua.

Baca Juga : Polisi Dalami Laporan Kontestan Miss Universe Indonesia yang Disuruh Foto Tanpa Busana

Penyelidikan independen itu adalah angka yang sangat besar pelecehan seksual anak. Ditemukan sekitar 216.000 anak-anak menjadi korban kekerasan seksual oleh para imam Katolik Prancis, dan pendeta lainnya dari tahun 1950 hingga 2020.

Ketika memasukkan para anggota gereja lainnya, seperti guru di sekolah Katolik, angka tersebut naik menjadi setidaknya 330.000.

Setelah temuan yang memberatkan, Hans Zollner, seorang imam Jerman dan penasihat dekat Paus Fransiskus, mendesak para uskup Italia untuk menemukan keberanian menyelidiki pelecehan anak oleh para klerus.

Baca Juga : OPINI: Pakaian Tidak Ada Hubungannya dengan Pelecehan Seksual

“Gereja Katolik di negara lain sekarang harus menemukan keberanian yang sama seperti di Prancis. Saya berharap di Italia juga,” kata Zollner dalam sebuah wawancara dengan La Repubblica .
“Gereja tidak bersih, sayangnya itu juga terdiri dari dosa dan kejahatan.” lanjutnya.

Zollner berada di panitia penyelenggara KTT Vatikan, yang diadakan pada Februari 2019, untuk membahas pedofilia di dalam gereja Katolik.

Ini adalah pertama kalinya presiden konferensi uskup berkumpul untuk membahas masalah ini, meskipun pidato penutupan Paus Fransiskus dikritik oleh para korban pelecehan karena gagal mengambil tindakan tegas terhadap para imam pedofil.

Baca Juga : Rektor USN Kolaka: Speech Act Theory, Identifikasi Kekerasan Seksual

Meskipun skandal pelecehan luas dan tuduhan menutup-nutupi telah memberikan pukulan telak bagi reputasi gereja Katolik di AS, Irlandia, Chili, Australia, dan sekarang Prancis, ada banyak negara, termasuk Italia, di mana masalah ini sebagian besar telah terkubur.

Pada Januari 2019, sebuah komisi PBB mengutuk Italia karena terlibat dalam melindungi pendeta pedofilia dari tuduhan kriminal dan menyerukan negara itu untuk menyusun rencana nasional untuk mencegah pelecehan seksual terhadap anak-anak.

“Kami ingin penyelidikan di sini juga, tetapi paus tidak pernah memintanya,” kata Francesco Zanardi, yang mendirikan Rete l’Abuso, satu-satunya jaringan korban pelecehan tokoh agama di Italia.

Baca Juga : Pemprov DKI Bikin Kebijakan Pemisahan Pria-Wanita di Angkot, Waspadai Predator Seks

“Jumlah di Prancis menakutkan tetapi di sini kita bisa memiliki hingga 1 juta korban. Mendengarnya saja sudah menggelikan,” tandas Zanardi.

Komentar