Selasa, 28 Februari 2023 12:12

Pangdam Hasanuddin Gagas Buat Tim Gabungan Tangani Bencana

Dokumentasi peringatan HUT Basarnas Sulsel ke-51 tahun, yang dilaksanakan di Ballroom Sandeq A dan B Hotel Claro Makassar, Selasa, (28/2/2023).
Dokumentasi peringatan HUT Basarnas Sulsel ke-51 tahun, yang dilaksanakan di Ballroom Sandeq A dan B Hotel Claro Makassar, Selasa, (28/2/2023).

ABATANEWS, MAKASSARPangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, menggagas untuk membentuk tim gabungan dalam penanganan bencana. Tim ini, nantinya akan diisi berbagai elemen dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Basarnas) Sulsel.

Menurutnya, pertolongan harus yang utama jika terjadi bencana alam. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan secara cepat, akan banyak nyawa yang melayang.

Namun, bagaimana tanggap bencana sesuai dari mutunya Basarnas ini, bisa tanggap, tepat, hingga nyawa itu selamat. Makanya, dirinya punya ide untuk kembali membentuk tim yang siap tanggap jika terjadi bencana.

Baca Juga : Longsor di Kabupaten Tana Toraja, Berikut Identitas 18 Korban yang Meninggal Dunia

“Jadi saya punya ide, bagaimana kalau yang sudah ada ini kita upgrade lagi, kita buat lagi,” ujar Mayjen TNI Totok Imam saat peringatan HUT Basarnas Sulsel ke-51 tahun, yang dilaksanakan di Ballroom Sandeq A dan B Hotel Claro Makassar, Selasa, (28/2/2023).

Ia menjelaskan, pembentukan tim ini akan diisi oleh berbagai elemen dari Basarnas. Mulai dari TNI/Polri, BPBD, Mahasiswa, hingga masyarakat atau relawan.

“Kemudian kita tentukan bagaimana sistem pelibatannya, berapa orang, di mana titiknya, evakuasinya dan sebagainya. Tapi kita mau mulai latihan dari secara parsial, mulai pakai peta, kemudian di lapangan. Jadi mereka bisa lebih tanggap lagi,” jelasnya.

Baca Juga : Basarnas Cari Lansia yang Terseret Arus Sungai Pakkasalo Bengo Bone

Sementara itu, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaedi menambahkan latihan gabungan yang direncanakan akan berlangsung sesuai SOP. Agar, pelayanan dalam melakukan operasi SAR bisa optimal.

“Dengan adanya latihan gabungan seperti ini, potensi SAR akan kita libatkan. Mulai dari TNI/Polri, seluruh potensi SAR, mulai mahasiswa, organisasi terkait di dalamnya. Untuk sementara, bulan ini masih direncanakan untuk pimpinan-pimpinan tinggi di Sulsel. Kita kumpulkan dulu baru laksanakan kegiatan,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar