Jumat, 22 Oktober 2021 14:18

Mulai 24 Oktober, Penumpang Pesawat Wajib Tes PCR

Ilustrasi Swab PCR
Ilustrasi Swab PCR

ABATANEWS – Bukan lagi rapid antigen. Penumpang pesawat Pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi udara harus menunjukkan bukti negatif virus corona (Covid-19) dengan tes polymerase chain reaction (PCR) yang berlaku 2×24 jam.

Aturan itu mulai berlaku pada 24 Oktober 2021 mendatang.

“Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada maskapai dan operator bandara mempersiapkan diri,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati saat konferensi pers, Kamis (21/10).

Baca Juga : Mulai Hari Ini, Naik Pesawat Udara Tak Lagi Pakai PCR dan Antigen

Kebijakan tersebut berlaku bagi wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan wilayah Jawa dan Bali.

Adita bilang tingkat penumpang pesawat telah menunjukkan tren pertumbuhan selama menurunnya kasus Covid-19 ini. Pertumbuhan tersebut mencapai 12% dibandingkan sebelumnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang perubahan kebijakan untuk pelonggaran mobilitas masyarakat. Nantinya maskapai dapat mengisi kapasitas pesawat lebih dari 70%.

Baca Juga : Ini Aturan Sah Soal Perjalanan Dalam Negeri yang Tanpa Tes PCR dan Antigen

“Sebagai uji coba pelonggaran mobilitas demi pemulihan ekonomi di tengah kondisi kasus yang cukup terkendali,” ungkap Wiku.

Tingkat sensitivitas PCR yang lebih tinggi dari tes antigen membuat potensi lolosnya pelaku perjalanan yang positif semakin kecil. Sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah dalam perjalanan menggunakan pesawat.

Meski begitu, maskapai juga tetap harus menyiapkan tempat isolasi bila terdapat pelaku perjalanan yang bergejala selama penerbangan. Hal itu dengan mengosongkan 3 baris kursi.

Baca Juga : Sisa Tunggu Surat Edaran, Selamat Tinggal Tes PCR dan Antigen

Meski perjalanan menggunakan pesawat diatur wajib untuk melakukan tes PCR, hal itu tidak berlaku bagi moda transportasi darat dan laut. Pada moda transportasi darat dan laut dapat menggunakan tes antigen yang berlaku 1×24 jam.

Komentar