Rabu, 02 Maret 2022 08:19

Meski Vakum 2 Tahun, F8 Masuk Top Ten KEN 2022

Pelaksanaan F8 yang dilaksanakan pada tahun 2019. (foto: IG @f8makassar)
Pelaksanaan F8 yang dilaksanakan pada tahun 2019. (foto: IG @f8makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Setelah vakum selama dua tahun, Makassar International Eight Festival and Forum atau Festival F8 ternyata tetap mendapat apresiasi. Faktanya, festival tersebut masuk dalam 10 besar atau Top Ten Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal ini diketahui dari peluncuran KEN 2022 oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Selasa (1/3/2022). Terpilihnya F8 sebagai top event ini tidak terlepas dari kerjasama yang begitu apik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar khususnya Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Baca Juga : Dinas Pariwisata Makassar Gempur Promosi di MATTA Fair 2024

“Dukungan penuh dari pak Wali Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata ini menghantarkan F8 masuk ke Top 10 KEN. Walaupun kita Masih hanya menawarkan Konsep untuk pelaksanaan tahun ini,” ucap Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia, Wawan, Rabu (2/3/2022).

Menariknya, terpilihnya F8 sebagai top event KEN setelah melewati beberapa tahap seleksi penilaian. Adapun kriteria penilaian tim kurator antara lain aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi.

Kemudian aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom) dan Pemberdayaan masyarakat (empowering). Serta aspek ketiga adalah adaptasi yang berbasis protokol CHS.

Baca Juga : Danny Pomanto: RS Kemenkes Makassar Bisa Beckup IKN dan Indonesia Timur

“Ada bidang media Dan komunikasi Dan manajemen kegiatan. Jadi dari 319 event kita lolos masuk 10 besar. Ini penilaian sudah berjalan dari bulan januari,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto sangat bersyukur atas hasil yang dicapai. Apalagi diketahui, wali kota Makassar dua periode ini adalah inisiator kesuksesam F8 sejak pertama Kali.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas pencapaian ini. InsyaAllah F8 bisa kembali hadir untuk mendorong pertumbuhan ukm ukm di Kota makassar,” ujarnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Pastikan Tak Mundur dari Jabatan Wali Kota Makassar, Hanya Terikat Aturan Kampanye

Kata Danny, daya tarik F8 dapat dilihat dari berbagai sisi. Apalagi, konsep yang ditawarkan F8 bukan bermain berskala lokal saja, melainkan memperkenalkan budaya Makassar ke seluruh Dunia.

Sedikit bocoran, F8 akan kembali digelar tahun 2022 ini yang direncanakan pada bulan September mendatang. Tentunya dengan Konsep yang jauh lebih keren dan mematuhi protokol kesehatan.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar