Selasa, 27 April 2021 10:41

Menkes: Varian Baru Corona India Sudah Masuk Indonesia

Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin

ABATANEWS – Varian baru virus Corona yang menyebar di India dilaporkan sudah masuk ke Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Virus itu sudah masuk juga di Indonesia, ada 10 orang yang sudah terkena virus,” ungkap Budi usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/4/2021) dilansir VOA Indonesia.

Dari 10 orang, enam diantaranya dibawa dari luar negeri. Sementara sisanya transmisi lokal yakni dua dari Sumatera, satu dari Jawa Barat dan satu lagi dari Kalimantan.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Untuk mencegah terjadinya ledakan kasus positif COVID-19 seperti di India, pemerintah pun melakukan berbagai pengetatan. Di antaranya dengan menghentikan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas, serta menolak masuknya warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India sebelum masuk ke Indonesia.

Bagi warga negara Indonesia (WNI) yang juga memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India masih diperbolehkan masuk, namun diwajibkan untuk dikarantina selama 14 hari.

Selain itu, pengetatan juga dilakukan pemerintah di semua pintu masuk kedatangan seperti bandara Soekarno Hatta, Juanda, Kuala Namu, Sam Ratulangi, serta di pelabuhan yakni di Batam, Tanjung Pinang dan Pelabuhan Dumai.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

“Kita pastikan semua nanti yang pernah datang atau mengunjungi India itu akan menjalani genome sequencing agar kita bisa melihat apakah terjadi mutasi baru atau tidak,” jelas Budi.

Pemerintah juga akan memperkuat screening terhadap para pekerja migran Indonesia (PMI) yang diperkirakan akan kembali ke tanah air dalam jumlah yang cukup banyak. Mereka yang pulang, kata Budi, akan langsung dikarantina dan isolasi.

Budi menjelaskan, ledakan kasus COVID-19 yang terjadi di India selain disebabkan oleh mutasi baru virus corona yang lebih cepat menular, juga dikarenakan abainya masyarakat dalam menerapkan protokol Kesehatan.

Baca Juga : Aturan Baru Soal Covid-19: Tak Ada Lagi Kewajiban Kenakan Masker

Di India, kasus harian positif COVID-19 sebelumnya sudah turun sekitar 5.000 kasus per harinya, namun kini meningkat drastis menjadi sekitar 300 ribuan kasus per harinya.

Komentar