Sabtu, 30 September 2023 09:09

Mengkonsumsi Biji Pepaya Bisa Jaga Fungsi Ginjal dan Penawar Racun Makanan

Ilustrasi buah Pepaya.
Ilustrasi buah Pepaya.

ABATANEWS.COM – Biji buah pepaya mungkin menjadi salah satu item yang cukup disepelehkan. Bagaimana tidak, terkadang, banyak orang yang pastinya hanya memakan buahnya saja.

Namun, biji pepaya ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, karena kandungan nutrisi dan antioksidannya.

Hal itu, juga telah dibuktikan beberapa penelitian, bahwa biji pepaya dapat memiliki sifat antikanker seperti penelitian tabung yang dilakukan pada tahun 2014 silam. Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi bahan uji dari perkembangan kanker.

Selain menangkal kanker, biji pepaya juga memiliki manfaat lain jika dikonsumsi secara rutin. Diantaranya, menjaga fungsi ginjal seperti dikutip dari Halo Dok.

Dengan mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat melindungi dan menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada U.S. National Library of Medicine.

Penelitian tersebut dengan menguji pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas. Hasilnya, ekstrak biji buah tersebut dapat membantu mencegah kerusakan ginjal.

Manfaat lain dari mengonsumsi biji pepaya dikabarkan dapat membantu mengobati keracunan makanan. Hal ini berdasarkan sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry.

Ulasan tersebut menjelaskan kalau ekstrak yang terbuat dari biji buah tersebut terbukti efektif dalam membunuh bakteri E.coli, Salmonella, Staphylococcus dan infeksi bakteri lainnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru