Senin, 14 Juni 2021 09:28

Lelang Tiket Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos Laku Rp398 miliar

Lelang Tiket Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos Laku Rp398 miliar

ABATANEWSBlue Origin milik Jeff Bezos telah menjual kursi peluncuran roket ruang angkasa New Shepard seharga USD 28 juta atau setara Rp398 miliar.

Sebanyak 20 orang aktif melakukan penawaran dimulai dari USD4,8 juta (Rp68 miliar) selama 10 menit.

Baca Juga : Perusahaan Jeff Bezos Kembali Kirim Wisatawan ke Luar Angkasa

Tawaran meningkat dalam tiga menit terakhir penjualan. Awalnya, sekitar 7.600 orang mendaftar untuk mengajukan penawaran dari 159 negara. Pemenang, yang identitasnya belum diumumkan, akan bergabung denganJeff Bezos dan saudaranya Mark dalam penerbangan tersebut.

Dilansir The Guardian, penerbangan akan lepas landas dari Van Horn, Texas. Kapsul itu akan membawa sebanyak enam penumpang, meskipun perusahaan belum mengungkapkan siapa lagi yang akan naik.

Pekan lalu, Bezos, yang akan mengundurkan diri sebagai CEO Amazon 15 hari sebelum penerbangan, memposting di Instagram. “Sejak saya berusia lima tahun, saya telah bermimpi bepergian ke luar angkasa. Pada tanggal 20 Juli, saya akan melakukan perjalanan itu dengan saudara saya. Petualangan terbesar, dengan sahabatku.”

Baca Juga : Jeff Bezos dan Elon Musk Orang Kaya Terpelit Sedunia, Warren Buffet Paling Dermawan

Perjalanan itu dilakukan di tengah meningkatnya persaingan orang terkaya dunia. Blue Origin bersaing dengan Teknologi Eksplorasi Luar Angkasa Elon Musk dan Virgin Galactic Holdings yang didukung Richard Branson untuk menawarkan perjalanan ke luar angkasa.

Pesawat Virgin Branson juga diharapkan segera meluncurkan penumpang. setelah dari pusat luar angkasa dekat Truth or Consequences di New Mexico.

Bezos telah menghabiskan sekitar USD1 miliar (Rp14 triliun) setahun dari kekayaan Amazon-nya untuk mendanai Blue Origin.

Baca Juga : Jeff Bezos Danai Startup Anti-Penuaan, Program Sel untuk Kembali Muda

Penumpang, kata perusahaan, harus memiliki tinggi antara 5 (152 cm) kaki dan 6 kaki (182 cm) 4 inci, dengan berat 110-223 pon (49-101 kg). Mereka juga harus mampu menaiki tujuh anak tangga di menara peluncuran dalam waktu kurang dari 90 detik dan duduk terikat di kendaraan selama 90 menit tanpa akses ke toilet.

Selanjutnya, mereka harus mampu menahan gaya gravitasi sebanyak 5,5 kali berat normal orang tersebut saat turun dan tiga kali berat selama dua menit saat mendaki.

Perusahaan mengatakan harga lelang akan disumbangkan ke yayasan Blue Origin yang misinya untuk menginspirasi generasi masa depan untuk mengejar karir di Stem (sains, teknologi, teknik, dan matematika) dan untuk menciptakan masa depan kehidupan di luar angkasa.

Komentar