Rabu, 21 Februari 2024 18:06

KPU Makassar Jamin Tak Ada Kecurangan dalam Proses Rekapitulasi Suara

KPU Makassar Jamin Tak Ada Kecurangan dalam Proses Rekapitulasi Suara

ABATANEWS, MAKASSARKPU Makassar menanggapi isu adanya kecurangan pada tahapan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024.

Seperti diketahui, sejumlah pihak mengajukan komplain atas temuan mereka, terkait adanya perubahan suara pada C1 Plano dan salinan C1 Plano.

Komisioner KPU Makassar, Abdi Goncing memastikan, tak akan ada kecurangan dalam proses rekapitulasi suara. Ia pun menjamin, perubahan untuk perbaikan akan dilakukan.

Baca Juga : Sinyal Kuat Dukungan PKS dan PPP untuk Syamsari Kitta di Pilkada Takalar

“Rekapitulasi ini pleno terbuka. Semua saksi bisa masuk, bisa melihat langsung rekapitulasinya seperti apa. Makanya kami sampaikan proses rekapitulasi ini yang mana mau dikoreksi yang banyak ditemukan salah tulis angkanya. Itu kemudian dikoreksi sama-sama,” ucap Abdi Goncing kepada wartawan, pada Rabu (21/2/2024).

Ia menjelaskan, tahap rekapitulasi yang dilakukan secara terbuka ini memang sebagai upaya untuk mengoreksi hal-hal yang dianggap keliru dalam proses perhitungan suara di tingkat TPS dan kelurahan.

“Jadi tidak ada suara yang hilang karena prosesnya sangat terbuka. Bahkan teman teman kecamatan (PPK) itu melaksanakan live streaming ini untuk melihat tidak ada proses pengalihan suara, ada curi suara itu tidak ada seperti itu. Semuanya bisa dikoreksi,” jelasnya.

Baca Juga : KPU Makassar Lakukan Coklit Data, Danny Pomanto Minta Masyarakat Jangan Golput

Kita pastikan peserta pemilu tidak ada yang dirugikan. Kalau ada dirugikan itu bisa masuk ke ranah tindak pidana pemilu

Penulis : Azwar
Komentar
Berita Terbaru