Kamis, 21 April 2022 11:20

Ketua ISYEF Sulsel Harap Ramadan 1443 H jadi Momentum Kebangkitan UMKM

Dokumentasi Fadli Ananda. Abatanews/Wahyuddin
Dokumentasi Fadli Ananda. Abatanews/Wahyuddin

ABATANEWS, MAKASSAR – Ketua Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulsel, dr Fadli Ananda berharap Ramadan 1443 H bisa menjadi momentum kebangkitan UMKM. Pasalnya, daya beli masyarakat selama Ramadan mulai meningkat.

Hal itu, terlihat dari ramainya bazar Ramadan yang tersebar di berbagai lokasi di Makassar. Sehingga, dengan kondisi tersebut perekonomian di Makassar kemungkinan akan mulai membaik setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid 19.

Baca Juga : Fadli Ananda Ketemu Ganjar Pranowo di Makassar, Bahas Apa?

“Saya lihat, di sejumlah lokasi bazar Ramadan yang melibatkan UMKM itu selalu ramai oleh pengunjung. Semoga ini menjadi indikator kebangkitan UMKM kita,” kata Fadli Ananda, Kamis (21/4/2022).

Fadli Ananda yang juga merupakan pengusaha mengungkapkan, ISYEF Sulsel melalui program-programnya senantiasa mendorong lahirnya UMKM yang besar, mandiri, dan kuat. Termasuk dalam pengembangan akses dan jejaring, menuju UMKM yang modern, mendunia, dan digital.

UMKM kita memiliki daya saing yang tinggi dari segi kualitas produk. Hanya, butuh daya ungkit agar mampu tampil percaya diri di tengah persaingan yang makin kompetitif,” ungkapnya.

Baca Juga : Baguna PDIP Sulsel Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Kebakaran Aspol

Ia menambahkan, saat ini banyak bermunculan UMKM baru, yang membutuhkan perhatian khusus. Bukan hanya dalam hal bantuan permodalan, tetapi juga pembinaan agar menguasai strategi promosi dan pemasaran. Apalagi, saat ini sudah memasuki era e-commerce atau pemasaran digital.

“Kami di ISYEF hampir setiap tahun memberikan kesempatan kepada pengusaha-pengusaha muda, melalui program ISYEF Preneur. Adapula bantuan untuk pelaku UMKM, bukan hanya di Kota Makassar saja, tapi juga di luar Makassar,” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar