Jumat, 21 Januari 2022 09:40

Kemenkominfo Bangun Infrastruktur Telekomunikasi di Nusantara

Ilustrasi 5G
Ilustrasi 5G

 

ABATANEWS – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akan segera membangun infrastruktur telekomunikasi di Nusantara. Hal ini, sebagai tindak lanjut RUU Ibu Kota Baru (IKN) yang ditetapkan beberapa waktu lalu.

Pembangunan infrastruktur itu, agar Nusantara dapat segera menjadi kota smart hingga kompetitif di tingkat global. Bahkan mampu menjadi lokomotif transformasi di Indonesia menuju inovasi teknologi berbasis green economy.

Baca Juga : Imbas PDN Diretas, Jokowi Tegaskan Evaluasi Menkominfo

“Sampai saat ini, Kemenkominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses/lastmile di IKN baru. Yang meliputi infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband,” tulis siaran pers Kemenkominfo, Kamis kemarin.

Langkah lain yang dilakukan adalah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi berdasarkan masterplan badan perencanaan pembangunan nasional (bappenas). Ini, sesuai hasil koordinasi antara Kemenkominfo dengan pihak terkait dalam rangka penyiapan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi 5g untuk mendukung layanan publik dan penerapan smart city.

Pemanfaatan teknologi 5g pada IKN baru diharapkan mampu mengatasi kendala sistem smart city berupa latency atau tertundanya layanan telekomunikasi yang berpotensi terjadi pada saat menggunakan teknologi 4g. Sehingga penerapan sistem smart city pada IKN baru dapat berlangsung dengan prima.

Baca Juga : Draf Satgas Judi Online Sudah di Meja Presiden, Bakal Ditekan dalam Waktu Dekat

Selain itu, Kementerian kominfo melalui bakti kominfo juga akan membangun Palapa ring integrasi di tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di ragam wilayah indonesia.

Bahkan, Kemenkominfo akan menghubungkan jalur existing palapa ring tengah ke titik ikn baru melalui jalur kota balikpapan. Rencana proyek kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU) untuk palapa ring integrasi telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan.

Kemenkominfo siap melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan adopsi teknologi digital. Dalam menyambut ibu kota negara baru, mewujudkan visi indonesia 2045, kota dunia untuk semua,” demikian siaran pers Kemenkominfo.

Komentar