Rabu, 03 Juli 2024 16:05

Imbas PDN Diretas, Jokowi Tegaskan Evaluasi Menkominfo

Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

ABATANEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sudah melakukan evaluasi secara menyeluruh usai Pusat Data Nasional (PDN) diretas.

Bahkan, evaluasi juga dilakukan terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Evaluasi tersebut juga dilakukan menyusul ramainya desakan agar Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya.

“Semuanya sudah dievaluasi,” ucap Jokowi usai meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik milik PT Hyundai LG Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga : Jokowi Tegaskan Keppres Pemindahan Ibu Kota Tunggu Situasi Lapangan, Bisa Diteken Prabowo

Jokowi menjelaskan, pemerintah telah melakukan evaluasi secara menyeluruh setelah peretasan PDN. Bahkan, dengan menyiapkan sistem back up secara nasional agar tidak terjadi lagi peretasan.

“Yang paling penting semuanya harus dicarikan solusinya agar tidak terjadi lagi, di back-up semua data nasional kita. Sehingga kalau ada kejadian kita tidak terkaget-kaget. Ini juga terjadi di negara-negara lain, bukan hanya di Indonesia saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) membuat petisi melalui situs change.org untuk mendesak Budi Arie mundur dari jabatannya sebagai Menkominfo.

Penulis : Wahyuddin
Komentar