Kamis, 12 Oktober 2023 14:10

Kemendikbudristek Minta Anak Kebutuhan Khusus Dapat Layanan Pendidikan Terbaik

Kemendikbudristek Minta Anak Kebutuhan Khusus Dapat Layanan Pendidikan Terbaik

ABATANEWS,COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional telah sukses menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) 2023, di Jakarta, pada 7 s.d. 12 Oktober 2023.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Praptono, mengatakan LKS PDBK 2023 merupakan wadah bagi PDBK untuk mendapatkan layanan pendidikan terbaik.

“Mudah-mudahan momen yang sangat baik ini, tidak kita sia-siakan dan terus kita dorong serta kita perkuat sehingga anak-anak kita semua, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus dapat mendapatkan layanan pendidikan yang terbaiknya,” ujar Praptono saat menutup secara resmi LKS PDBK 2023 di Jakarta pada Rabu (11/10).

Baca Juga : Pj Gubernur Gorontalo Tegaskan Perusahaan Wajib Akomodir Penyandang Disabilitas dalam Proses Rekruitmen

Praptono juga menyampaikan, melalui kebijakan Merdeka Belajar, Kemendikbudristek memberikan wadah dan kesempatan kepada semua anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa diterima di lingkungan masyarakat maupun pendidikan.

“Ketika kita bicara tentang pembelajaran yang berpihak pada murid, maka itu esensinya adalah layanan pendidikan yang sudah kita berikan termasuk kepada para penyandang disabilitas. Itu sekarang menjadi ketuntutan yang harus diberikan kepada seluruh peserta didik,” tutur Praptono.

Adapun tema yang diusung pada LKS 2023 adalah Merdeka Berprestasi Talenta Vokasi Menginspirasi. Menurut Praptono, lima kata pada tema ini sangat penuh makna. “Mudah-mudahan, para peserta LKS yang ada disini terus bisa mengembangkan diri, terus bisa menyiapkan diri, karena kalian adalah orang-orang yang berprestasi dan memiliki bakat yang luar biasa,” ucap Praptono.

Baca Juga : Kemendikbudristek Buka Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023

Kepada para peserta, Praptono berpesan untuk mengumpulkan kesan-kesan terbaik selama mengikuti LKS PDBK 2023 untuk dibawa kembali ke sekolahnya masing-masing agar menjadi energi dan spirit bagi rekan-rekannya. “Selamat kepada para peserta yang menjadi juara. Bagi yang belum juara di tahun ini, jangan berkecil hati, karena ke depan masih banyak kesempatan-kesempatan yang akan bisa diraih,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPTI, Asep Sukmayadi, merasa bangga melihat hasil karya-karya PDBK. “Saya merasa bangga, melihat bagaimana adik-adik PPDB bisa menghasilkan karya yang sangat cemerlang. Ini sangat luar biasa,” ujar Asep.

Asep juga melaporkan, penyelenggaraan LKS yang ke-10 ini diikuti oleh 295 peserta dari 35 provinsi di Indonesia. Para peserta ini adalah PDBK terpilih dari 2.826 siswa yang mengikuti seleksi tingkat provinsi. Sembilan cabang yang dilombakan pada LKS PDBK 2023 adalah hantaran, kecantikan, kreasi barang bekas, kriya kayu, membatik, menjahit, merangkai bunga _(mini garden)_, tata boga, dan teknologi informasi.

Baca Juga : Pemilik Warung Coto Perkosa Anak Disabilitas, Polisi: Pelaku Tawari Korban Film Biru

Pada acara penutupan, para tamu undangan disuguhkan penampilan hasil karya para peserta LKS PDBK 2023 untuk kategori kecantikan, yaitu peragaan busana gaun pengantin dan fantasi.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar