Jumat, 27 Oktober 2023 19:09

Kemendikbudristek Buka Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023

Hand of a trainer addressing group of females sitting in a conference hall. Female hand against defocused group of women attending seminar.
Hand of a trainer addressing group of females sitting in a conference hall. Female hand against defocused group of women attending seminar.

ABATANEWS.COM – Sebagai upaya mengakselerasi pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi jenjang sekolah dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) kembali membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Pembukaan PPG ini, untuk gelombang 3 tahun 2023, pendaftaran dimulai tanggal 25 Oktober sampai 12 November 2023. Dibukanta pendaftaran tersebut untuk menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas sehingga layanan pendidikan dapat berjalan baik, demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

“Angka kekosongan guru tahun 2023 masih sangat banyak, tercatat masih sekitar 54ribu kekosongan formasi yang telah dibuka oleh pemerintah daerah pada rekrutmen ASN P3K Tahun 2023, ditambah lagi dengan adanya angka pensiun Tahun 2024 sebanyak 69.735. Sehingga kami membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 3 tahun 2023,” kata Plt Direktur Pendidikan Profesi Guru, Adhika Ganendra, dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga : Kemendikbudristek Minta Anak Kebutuhan Khusus Dapat Layanan Pendidikan Terbaik

Adhika menuturkan, pada pendaftaran gelombang ketiga ini, Kemendikbudristek memperluas linieritas pada prodi PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan tetap mempertimbangkan keterkaitan keilmuan yang ada. Hal ini diputuskan karena mempertimbangkan kekosongan guru terbesar (12%) terjadi pada jenjang Sekolah Dasar (SD),” tutur Adhika.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru Indonesia yang ingin menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, mencintai profesi guru, dan mau belajar sepanjang hayat. Program ini ditujukan untuk lulusan sarjana, sarjana terapan, maupun Diploma IV, baik dari jurusan pendidikan maupun nonkependidikan, agar calon guru mendapat sertifikat pendidik.

Bidang studi PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 telah disesuaikan dengan data kebutuhan guru, yaitu PGSD, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah, Seni Budaya, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, dan Informatika.

Baca Juga : Andi Sudirman Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek

Adapun proses seleksi PPG Prajabatan terdiri dari tiga tahap, yaitu Seleksi Administrasi berupa seleksi berkas dan persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Kemudian Tes Substantif yang meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi serta Numerasi yang dilaksanakan secara luring di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi _Computer Assisted Test_ untuk Penilaian Tingkat Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Terakhir Tes Wawancara untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa, yang dilaksanakan secara daring lewat virtual meeting. Calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023 akan memperoleh beasiswa.

Baca Juga : PPDB Zonasi untuk Sisws Baru Tahun 2022 Tetap Diberlakukan, Cek Syaratnya 

Yakni, dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp17juta untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester atau satu tahun. Untuk informasi lebih lengkap terkait pendaftaran PPG Prajabatan dapat diakses peserta seleksi melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Penulis : Azwar
Komentar