Rabu, 12 Juni 2024 11:08

Kemenag Catat 84 Jemaah Calon Haji Indonesia Tutup Usia di Arab Saudi

Ilustrasi Jemaah Haji. (foto: Reuters)
Ilustrasi Jemaah Haji. (foto: Reuters)

ABATANEWS, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat puluhan jemaah calon haji (CJH) tutup usia di Arab Saudi. Para jemaah meninggal dunia sebelum berlangsungnya puncak haji.

Juru Bicara (Jubir) Kemenag RI, Anna Hasbie mengatakan total jemaah Indonesia yang meninggal di Arab Saudi untuk sementara mencapai 84 orang. Para jemaah yang meninggal tersebar di beberapa wilayah di Arab Saudi.

“Sampai hari ini, tercatat ada 84 jemaah yang wafat di Arab Saudi, baik Jeddah, Madinah, maupun Makkah,” ungkap Anna Hasbie dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga : Indonesia Kembali Dapat 221 Ribu Kuota Haji Pada 2025

Sejauh ini, proses keberkatan CJH dari Indonesia ke Arab Saudi telah rampung. Seluruh jemaah baik reguler maupun khusus telah tiba di Arab Saudi sejak Selasa kemarin (11/6/2024).

Total kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 241.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Meski begitu, pihaknya mencatat ada 45 jemaah yang visanya sudah terbit, namun akhirnya batal berangkat karena beragam alasan. Sementara proses pemvisaan sudah ditutup sehingga sudah tidak dimungkinkan lagi dilakukan penggantian.

Baca Juga : Anggap Kemenag Banyak Beban, Ketua Banggar DPR Usul Pembentukan Kementerian Haji

“Sisa 45 jemaah ini angka terkecil dalam konteks serapan kuota haji. Jadi, haji 2024 itu terbanyak dalam kuota, tertinggi dalam serapan kuota. Angka serapan kuotanya mencapai 99,98%,” pungkas Anna.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar