Sabtu, 20 April 2024 12:05

Iran Diklaim Tidak Berencana Serang Balik Israel

Personil militer berjaga di fasilitas nuklir di daerah Zardanjan di Isfahan, Iran, 19 April 2024. Kantor Berita Asia Barat. (Reuters)
Personil militer berjaga di fasilitas nuklir di daerah Zardanjan di Isfahan, Iran, 19 April 2024. Kantor Berita Asia Barat. (Reuters)

ABATANEWS, JARUSALEM – Buntut serangan Israel di sebuah kota di Iran pada hari Jumat kemarin tak membuat pihak Iran melakukan balasan. Bahkan, Iran mengecilkan insiden tersebut dan mengindikasikan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk melakukan pembalasan.

“Sebuah respons yang tampaknya bertujuan untuk menghindari perang di seluruh kawasan,” tulis laporan Reuters dikutip Sabtu (20/4/2024).

Menteri Luar Negeri Iran mengatakan drone tersebut, yang menurut sumber diluncurkan Israel terhadap kota Isfahan, adalah “drone mini”. Alhasil, tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Baca Juga : Presiden Ebrahim Raisi Akan Dimakamkan Besok, Iran Umumkan 5 Hari Berkabung

Skala serangan yang terbatas dan tanggapan Iran yang tidak terdengar tampaknya menandakan keberhasilan upaya para diplomat yang telah berupaya mencegah perang habis-habisan sejak serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran terhadap Israel pada hari Sabtu.

Media dan pejabat Iran menggambarkan sejumlah kecil ledakan, yang menurut mereka diakibatkan oleh pertahanan udara yang menghantam tiga drone di Isfahan di Iran tengah.

Mereka menyebut insiden tersebut sebagai serangan yang dilakukan oleh “penyusup”, bukan oleh Israel, sehingga tidak perlu adanya pembalasan. Seorang pejabat senior Iran mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada rencana untuk memberikan tanggapan terhadap Israel atas insiden tersebut.

Baca Juga : Presiden Iran Ebrahim Raisi Dinyatakan Meninggal Dalam Peristiwa Helikopter Jatuh

“Sumber asing dalam insiden ini belum dapat dikonfirmasi. Kami belum menerima serangan dari luar, dan diskusi lebih mengarah pada infiltrasi dibandingkan serangan,” kata pejabat tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian juga berhati-hati dalam memberikan komentarnya kepada utusan negara-negara Muslim di New York.

“Media pendukung rezim Zionis (Israel), dalam upaya putus asa, mencoba meraih kemenangan dari kekalahan mereka, sementara mini-drone yang jatuh tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa,” kata Amirabdollahian.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar