Jumat, 12 April 2024 18:10

Ini Titik Paling Krusial Saat Arus Balik Lebaran, Menhub Minta Pemudik Pulang Lebih Awal

Kepadatan kendaraan di salah satu pintu TOL di daerah Jawa. (Foto: Kemenhub)
Kepadatan kendaraan di salah satu pintu TOL di daerah Jawa. (Foto: Kemenhub)

ABATANEWS.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencarat ada dua titik krusial saat arus balik Lebaran. Dua titik tersebut sering terjadi kenacetan baik saat mudik maupun arus balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dua titik jalur krusial itu masing-masing di daerah Salatiga sampai ke Semarang. Di mana dua titik itu, pertemuan para pemudik dari arah Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur.

“Oleh karenanya, untuk baliknya seperti Presiden waktu itu anjurkan, kembalinya lebih awal,” ungkap Menhub dalam keterangannya dikutip Jumat (12/4/2024).

Baca Juga : Arus Balik Lebaran H+3, Pengguna Angkutan Umum Tembus 1,2 Juta Orang

Ia pun meminta kepada para pemudik agar mulai melakukan perjalanan pada hari ini, Jumat 12 April 2024. Atau paling tidak, para pemudik bisa melakukan perjalanan pada Sabtu besok.

“Kalau bisa besok atau lusa, Sabtu. Karena Minggu dan Senin pasti ada kenaikan yang besar,” imbuhnya.

Adapun ia menambahkan saat mudik Lebaran kecepatan rata-rata Jakarta-Semarang pada puncak mudik 2024 adalah sebesar 67,59 km/jam atau meningkat 12,5% dari puncak mudik 2023 (64,14 km/jam).

Baca Juga : 3,1 Juta Tiket KA Jarak Jauh Terjual Selama Masa Lebara

Kecepatan itu dengan waktu tempuh selama 6 jam 54 menit atau lebih cepat 17,5% dari puncak mudik 2023 (8 jam 12 menit).

“Jadi tidak mungkin itu terjadi tanpa upaya yang dilakukan oleh Polisi dan Jasa Marga serta stakeholder yang lain. Jadi apresiasi sekali lagi atas yang dilakukan,” ujar Menhub.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar