Sabtu, 25 Desember 2021 23:31

PIALA AFF

Indonesia Menang Dramatis!! Good Bye Singapura

Seleberasi kemenangan Asnawi Mangkualam (kiri) Egy Maulana Fikri (tengah) dan Witan Sulaiman usai singkirkan Singapura di Piala AFF Cup 2020, Sabtu (25/12/2021). (Foto: Ig PSSI)
Seleberasi kemenangan Asnawi Mangkualam (kiri) Egy Maulana Fikri (tengah) dan Witan Sulaiman usai singkirkan Singapura di Piala AFF Cup 2020, Sabtu (25/12/2021). (Foto: Ig PSSI)

ABATANEWS – Rentetan drama terjadi dalam pertandingan Timnas Indonesia versus Timnas Singapura. Namun leg kedua semifinal Piala AFF Cup 2020 yang terlaksana di National Stadium, Singapore ini berhasil dimenangkan Tim Garuda, Sabtu (25/12/2021).

Skor akhir pertandingan kedua kesebelasan 4-2 dengan agregat 5-3. Baik Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah di leg kedua ini, dan Singapura sama-sama tak mudah untuk memenangkan pertandingan.

Bagaimana tidak. Anak asuh Shin Tae-yong ini, sejatinya unggul lebih dulu melalui Ezra Walian pada menit ke-11. Gol ini, lahir dari hasil kerjasama dengan Witan Sulaiman.

Baca Juga : Cedera Maarten Paes Diprediksi Pulih Pada November, Absen Lawan Bahrain dan China?

Namun, The Lions tak menunjukkan patah semangat dan malah sangat ngotor mengejar ketertingalan. Setelah beberapa kali merepotkan lini belakang Indonesia, kesempatan menyamakan kedudukan pun datang.

Anak asuh Tatsuma Yoshida itu, berhasil mengejar melalu gol Song UI Yong di akhir babak pertama. Akan tetapi, sebelum gol itu lahir drama terlebih dulu terjadi di kubu Singapura.

Tak lain, kala pemain belakang Singapura, Safuan Baharuddin diganjar kartu merah. Ia, dianggap memukul pemain belakang Indonesia tepat dihadapan sang pengadil lapangan sekaligus skor bertahan 1-1 di babak pertama.

Baca Juga : Cerita Kevin Diks ke Media Denmark, Akui Telah Dihubungi PSSI

Pada babak kedua, Singapura lagi-lagi menunjukkan mental yang baik. Pasalnya, bermain dengan 10 pemain nyatanya mereka sukses memegang kendali permainan.

Pemain Singapura, bahkan beberapa kali mampu membikin Nadeo Argawinata jatuh bangun dalam menghalau bola yang hendak masuk. Tetapi, ditengah gempuran itu, drama kembali terjadi dikubu Singapura.

Tak lain, setelah Irfan Fandi diganjar kartu merah oleh wasit lantaran melanggar dengan keras pemain Indonesia. Alhasil, Singapura bermain dengan sembilan orang.

Baca Juga : Mess Hilgers dan Eliano Reijnders Wajib Bawa Indonesia Curi Poin Lawan Bahrain dan China

Akan tetapi, Indonesia sangat sulit menembus pertahanan lawan meski unggul jumlah pemain. Sejumlah serangan mampu dipatahkan dan sangat terlihat jelas Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan mulai frustasi.

Malahan, Singapura kembali unggul melalui sepakan bola mati dari Shahdan Sulaiman di menit 74. Berarti, Singapura membalikkan keadaan dengan unggul 1-2.

Tetapi, Pratama Arhan datang menjadi penyelemat lewat gol telatnya di menit 87 hingga skor kembali imbang 2-2. Sayang, setelah mencetak gol ia melakukan kesalahan dengan menjatuhkan pemain Singapura di area terlarang.

Baca Juga : Dulu Singgung Kekuatan Timnas Indonesia, Kini Madam Pang Harap Kerjasama dengan PSSI

Wasit, lantas menunjuk titik putih untuk Singapura. Beruntung, Faris Ramli yang menjadi eksekutor gagal mencetak gol sekaligus babak kedua ditutup dengan skor 2-2.

Di babak dua kali 15 menit, Indonesia pun mampu memegang kendali. Di 15 menit pertama, Irvan Jaya mampu mencetak gol sekaligus membuat Indonesia kembali unggul 3-2.

Tak sampai di situ, Egy Maulana turut menyumbang satu gol pada menit 105. Gol ini, sekaligus membuat Indonesia unggul 4-2.

Baca Juga : 27 Pemain Indonesia Lawan Bahrain dan China, Minus Justin Hubner dan Sananta

Di akhir 15 menit kedua, drama kembali terjadi tatkala kiper Singapura, Hassan Sunny diusir keluar wasit. Ia, melakukan tekel keras kepada Irfan Jaya sekaligus Singapura bermain dengan 8 orang.

Setelah perjuangan yang sangat panjang, Singapura pun harus mengakui keunggulan Indonesia. Sementara Indonesia, melaju ke babak final dan menunggu Thailand atau Vietnam yang baru bertanding Minggu besok.

Komentar