Sabtu, 12 Maret 2022 14:20

India Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan

Ilustrasi Rudal (Reuturs)
Ilustrasi Rudal (Reuturs)

ABATANEWS – Militer India telah menembakkan rudal ke Pakistan pada pekan ini. Namun, peluncuran rudal tersebut ternyata dianggap tidak sengaja seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (12/3/2022).

Kementerian Pertahanan India mengatakan, meluncurnya roket ke Pakistan terjadi pada 9 Maret 2022 lalu. Ini dilakukan dalam rangka pemeliharaan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja.

Baca Juga : Disebut Berbahaya, Amerika Protes Rusia yang Uji Coba Rudal di Luar Angkasa

“Sudah diketahui bahwa rudal itu mendarat di daerah Pakistan. Meski insiden itu sangat disesalkan, namun juga melegakan karena tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan itu,” demikian diberitakan Reuters.

Kementerian mengatakan pemerintah telah mengambil pandangan serius dan memerintahkan pengadilan penyelidikan tingkat tinggi. Sementara para pejabat Pakistan mengatakan rudal itu tidak bersenjata dan jatuh di dekat kota timur negara itu, Mian Channu, sekitar 500 km (310 mil) dari ibu kota Islamabad.

Kantor luar negeri Pakistan memanggil kuasa usaha India di Islamabad untuk mengajukan protes atas apa yang disebutnya pelanggaran tak beralasan terhadap wilayah udaranya. Dengan mengatakan insiden itu bisa membahayakan penerbangan penumpang dan nyawa warga sipil.

Baca Juga : Terpapar Covid-19, Bapak Nuklir Pakistan Meninggal Dunia

Pakistan pum memperingatkan India untuk memperhatikan konsekuensi yang tidak menyenangkan dari insiden tersebut. Selain itu, pihak Pakistan berharap India mengambil langkah-langkah efektif untuk menghindari terulangnya pelanggaran semacam itu di masa depan.

Penulis : Redaksi
Komentar