Kamis, 11 Juli 2024 22:03

IKN Siap Gelar Upacara HUT RI ke-79: Infrastruktur Inti Selesai, Kapasitas 8.000 Peserta

IKN Siap Gelar Upacara HUT RI ke-79: Infrastruktur Inti Selesai, Kapasitas 8.000 Peserta

ABATANEWS, JAKARTA — Pemerintah memastikan lapangan di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) siap digunakan untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Imam S Ernawi, mengumumkan bahwa lapangan ini dapat menampung sekitar 8.000 orang.

Meskipun infrastruktur utama sudah siap, jumlah peserta upacara masih akan diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Baca Juga : Jokowi Pastikan ASN Akan Dipindahkan ke IKN Jika Fasilitas Sudah Siap

Imam memastikan bahwa podium dan seluruh fasilitas lapangan telah berfungsi 100 persen dan siap digunakan.

“Lapangan upacara sudah pasti siap, podiumnya juga sudah selesai. Semua sudah berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk upacara,” ujar Imam dalam konferensi pers daring pada Kamis (11/7/2024).

Imam menjelaskan bahwa kawasan Istana Negara IKN dan sekitarnya akan menjadi pusat peringatan kemerdekaan di Nusantara.

Baca Juga : Strategi KemenPANRB Siapkan ASN untuk Transisi ke Ibu Kota Nusantara

Area ini mencakup Istana Negara IKN beserta lapangannya, kantor kementerian koordinator di sekitarnya, dan Kantor Kemensetneg di belakang istana. Beberapa ruang utama di Istana Negara sendiri sudah siap digunakan untuk peringatan 17 Agustus.

Tugas utama Kementerian PUPR adalah menyiapkan infrastruktur inti di IKN, termasuk gedung pemerintahan, hunian untuk ASN, TNI dan Polri, serta para pekerja, konektivitas jalan, dan sistem pengairan.

Namun, Imam menekankan bahwa tidak semua infrastruktur harus selesai pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga : Viral Penampakan Minimarket di IKN, Pembeli Harus Lepas Alas Kaki

“Artinya, 17-an itu bukan berarti semua bangunan selesai di 17 Agustus. Tidak. Tetapi ini fungsional untuk bisa dilakukan kegiatan 17-an,” tambahnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar