Senin, 12 Februari 2024 09:19

Hati-hati! Penipuan Lewat WA Mengintai Jelang Pencoblosan

Ilustrasi penipuan melalui media sosial.
Ilustrasi penipuan melalui media sosial.

ABATANEWS, JAKARTAPenipuan melalui file APK kembali muncul menjelang pemilihan presiden 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

Pesan berantai di WhatsApp memperingatkan tentang file .apk yang memberikan informasi palsu tentang “Data Tps Pemilu 2024”, dengan beberapa laporan mengindikasikan bahwa beberapa orang kehilangan saldo mereka setelah membuka file tersebut.

Sumber pesan ini belum diketahui, tetapi pola penipuan ini mirip dengan kasus sebelumnya yang melibatkan file .apk palsu yang disebarkan beberapa minggu lalu, seperti “PPS Pemilu 2024.apk”.

Baca Juga : Hak Angket Pemilu Tidak Perlu, Pengamat: Semua Pihak Harus Bijaksana

Modus operandi penipuan ini juga telah terlihat dalam kasus-kasus sebelumnya yang melibatkan file .apk palsu yang disamarkan sebagai undangan pernikahan atau informasi pengiriman dari kurir ekspedisi palsu.

“Hati-hati bapak-bapak kalau mendapatkan WA semacam Ini. Info dari kawan saya, saldo ludes setelah membuka file APK ini. Tetap berhati-hati,” tulis pesan berantai yang menyebar di WhatsApp.

Dalam skema penipuan ini, pelaku biasanya mengirim file dengan ekstensi .apk melalui WhatsApp kepada korban. Kemudian, mereka akan membujuk korban untuk membuka dan menginstal file tersebut.

Baca Juga : KPU Sulsel Tegaskan Tak Akan Gelar PSU Lagi di 6 TPS

Meskipun sumber pesan peringatan tidak jelas, perlu untuk tetap waspada terhadap pesan-pesan yang meminta untuk membuka file .apk yang mencurigakan, terutama menjelang acara penting seperti pemilihan presiden.

Langkah-langkah pencegahan yang lebih ketat, termasuk memeriksa dan memverifikasi sumber file sebelum mengunduh atau menginstalnya, dapat membantu mengurangi risiko jatuh korban dalam penipuan seperti ini.

Keamanan digital dan kesadaran akan ancaman cyber semakin penting untuk dipahami dan diterapkan oleh pengguna internet.

Penulis : Wahyuddin
Komentar