Sabtu, 14 Mei 2022 16:17

Hari Buruh Internasional, Danny Dorong Tripartit Bangun Ekonomi Makassar

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat malam ramah tamah, dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2022 (May Day) bertempat di Hotel Gammara. Jumat malam (13/5/2022). (foto: Pemkot Makassar)
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat malam ramah tamah, dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2022 (May Day) bertempat di Hotel Gammara. Jumat malam (13/5/2022). (foto: Pemkot Makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mendorong Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar melibatkan APINDO dan SP/ SB yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama Tripartit Kota Makassar agar mampu membangun ekonomi di Makassar.

Hal tersebut disampaikan saat malam ramah tamah, dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2022 (May Day) bertempat di Hotel Gammara. Jumat malam (13/5/2022).

“Ini adalah momen terbaik untuk terus bersama sama dengan sebuah sirkulasi ekonomi perusahaan kaum pekerja perusahaan Pemkot tripartit untuk bersama sama membangun perekonomian Makassar,” ujar Danny Pomanto.

Baca Juga : Danny: Penanganan Stunting di Makassar Bagian Prioritas

Danny mengatakan Kota Makassar memiliki kondisi jauh lebih baik lantaran pertumbuhan ekonomi telah mencapai 8,79 persen di tahun 2022.

Sementara tahun 2021, mengalami penurunan hingga mencapai 4,47 persen.

“Artinya dengan pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 ini, kenaikannya mencapai 5,7 persen,” jelas wali kota Makassar dua periode ini.

Baca Juga : Danny Sebut Konvensi Nasional III Pendeta Gereja Toraja Sejalan Program Pemkot

Kemajuan pertumbuhan ekonomi di Makassar juga tak lepas dari berkurangnya angka pengangguran.

Kondisi ketenagakerjaan sejak digempur pandemi Covid 19 tingkat pengangguran terbuka sempat terpuruk hingga titik 15,92 persen.

“Namun berdasarkan perhitungan BPS bulan agustus 2021 tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan menjadi 13,28 persen,” Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Nielma Palamba.

Baca Juga : Danny Pomanto Dukung Kejurnas Putaran Pertama Rally Wisata Sulsel 2022

Olehnya itu, Nielma meminta semua pihak yang terkait didalamnya untuk saling terus berkolaborasi bersama sama memulihkan perekonomian.

Dalam kesempatan tersebut Nielma memperkenalkan program prioritas Makassar Metaverse.

Program yang dikembangkan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar ini, mengintensifkan sebuah ekosistem digital yang disebutnya Smart Work Solution (SARRING).

Baca Juga : Hadiri Konferensi Smart & Healthy City, Danny Launching Aplikasi Sehatmi

“Salah satunya adalah layanan untuk hubungan industrial yang disebut Mappadeceng, akronim dari program layanan pendataan dan pengolahan hubungan industrial yang efektif cepat cermat dan gampang,” jelasnya.

Penulis : Azwar
Komentar