Jumat, 28 Mei 2021 22:11

Guru Asal Hong Kong Jadi Wanita Tercepat Pendaki Everest

Foto: Prakash Mathema/AFP
Foto: Prakash Mathema/AFP

ABATANEWS – Guru wanita asal Hong Kong, Tsang Yin-hung, 44, telah mencatat rekor wanita pendaki puncak Everest tercepat di dunia dengan waktu kurang dari 26 jam

“Tsang, mendaki gunung 8.848,86 meter (29.031 kaki) dalam catatan waktu 25 jam dan 50 menit,” kata petugas penghubung di base camp Everest, Gyanendra Shrestha dilansir Aljazeera, Jumat (28/5/2021)

Baca Juga : Viral Pria Buka Jasa Charge HP di Gunung, Segini Harganya

“Dia meninggalkan base camp pada pukul 1:20 siang pada hari Sabtu dan mencapai (puncak) pada pukul 15:10 keesokan harinya,” kata Shrestha.

Tetapi Tsang masih perlu mengajukan klaimnya kepada pejabat dari Guinness World Records untuk menerima sertifikasi atas prestasinya tersebut.

Pemerintah Nepal menyatakan bahwa banyak pendaki telah mencapai puncak tetapi tidak dikeluarkan sertifikasi untuk catatan waktu.

Baca Juga : Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pagelaran Angklung di GBK

Tsang, yang dikenal sebagai Ada, dan penyelenggara ekspedisinya kini dalam perjalanan ke Kathmandu dan belum memberikan komentar.

Wanita tercepat yang menaklukkan Everest sebelumnya adalah seorang warga Nepal Phunjo Jhangmu Lama. Dia menyelesaikan pendakian dalam 39 jam 6 menit.

Tsang menjadi wanita Hong Kong pertama yang mencapai puncak. Itu adalah upaya ketiganya dalam mendaki puncak Himalaya.

Baca Juga : Saudara Kembar Asal Jepang Catat Rekor Usia Tertua di Dunia

Nepal telah mengeluarkan 408 izin untuk musim pendakian tahun ini setelah musim lalu dibatalkan karena pandemi.

Sebanyak 350 orang telah mencapai puncak selama musim semi ini, menurut departemen pariwisata. Meski negara itu sedang berjuang melawan lonjakan kasus virus corona.

Komentar
Berita Terbaru