Selasa, 22 November 2022 14:25

Gunakan Kaos Pelangi, Wartawan AS Ditahan saat Hendak Liput Piala Dunia

Pose seorang Jurnalis asal AS yang meliput Piala Dunia FIFA di Qatar, Grant Wahl dan mengklaim dia ditahan karena mengenakan kaos pelangi-menunjukkan dukungannya untuk komunitas LGBTQ.
Pose seorang Jurnalis asal AS yang meliput Piala Dunia FIFA di Qatar, Grant Wahl dan mengklaim dia ditahan karena mengenakan kaos pelangi-menunjukkan dukungannya untuk komunitas LGBTQ.

ABATANEWS – Seorang jurnalis AS yang meliput Piala Dunia FIFA di Qatar mengklaim bahwa dia ditahan karena mengenakan kaos pelangi-menunjukkan dukungannya untuk komunitas LGBTQ.

Grant Wahl menjalankan situs webnya sendiri yang meliput sepak bola dan sebelumnya bekerja untuk Sports Illustrated.

Grant Wahl mengatakan bahwa dia tidak diizinkan memasuki Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan untuk pertandingan Senin antara AS dan Wales karena bajunya, yang memiliki bola sepak yang dikelilingi oleh pelangi.

Baca Juga : Tersingkir di Babak 16 Besar, Timnas Spanyol Alami Dejavu

“Apa yang terjadi ketika petugas keamanan Piala Dunia Qatar menahan saya selama 25 menit karena mengenakan kaos yang mendukung hak-hak LGBTQ,” kata Grant dalam cuitannya di Twitter dilansir Selasa (22/11/2022).

“Dengan paksa mengambil ponsel saya dan dengan marah meminta saya melepas kaos saya untuk memasuki stadion,” lanjut Grant Wahl.

Grant Wahl mengatakan bahwa dia kemudian diizinkan masuk ke tempat tersebut setelah seorang komandan keamanan mendekatinya dan meminta maaf. Dia juga mengatakan bahwa dia menerima permintaan maaf dari perwakilan FIFA.

Baca Juga : 4 Negara Telah Lolos 8 Besar Piala Dunia 2022, Berikut Jadwalnya

Hukum Qatar mengkriminalisasi homoseksualitas dan memberikan hukuman yang lebih berat hingga tujuh tahun penjara jika ditemukan melakukan tindakan seksual homoseksualitas.

Di bawah hukum syariah negara itu, hukuman maksimal untuk hubungan sesama jenis adalah hukuman mati.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar