Senin, 10 Januari 2022 09:35

Facebook Jadi Medsos Paling Subur Penyebaran Konten Hoax Vaksin Covid-19

Ilustrasi Facebook.
Ilustrasi Facebook.

ABATANEWS – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menemukan ribuan konten hoax di media sosial atau Medsos. Konten tersebut terkait vaksinasi Covid-19.

Tercatat, pada Minggu 9 Januari 2022, setidaknya ada 2.534 konten yang ditemukan dari berbagai aplikasi Medsos. Konten ini, dibagikan dari ribuan pengguna masing-masing platform.

Dilansir dari laman Kemenkominfo RI, temuan konten hoax itu berasal dari lima Medsos. Masing-masing adalah Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan Tiktok.

Baca Juga : Imbas PDN Diretas, Jokowi Tegaskan Evaluasi Menkominfo

Facebook, menjadi Medsos paling subur dalam penyebaran konten hoax terkait vaksin Covid-19. Pasalnya, dari 2.534 konten, Kemenkominfo mencatat ada 2.342 konten hoax yang disebarkan.

Dibandingkan dengan Twitter, jumlah konten hoax terkait vaksin Covid-19 hanya berjumlah 110 saja. Sementara YouTube, hanya berjumlah 43 dan Tiktok berjumlah 21.

Untuk Instagram, platform dengan 1 m lebih pengunduh di play store itu, Kemenkominfo hanya menemukan 18 konten hoax. Meski demikian, 2.342 konten tersebut telah di takedown atau pemutusan akses.

Komentar