Sabtu, 30 Maret 2024 02:34

Erick Horas Berpeluang Kembali Jabat Wakil Ketua DPRD Makassar

Anggota DPRD Makassar Kasrudi.
Anggota DPRD Makassar Kasrudi.

ABATANEWS, MAKASSAR – Partai Gerindra Makassar, salah satu partai politik yang dipastikan akan menduduki posisi dalam unsur pimpinan DPRD setelah meraih 6 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024 lalu. Dengan demikian politisi asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Erick Horas berpeluang duduki kursi pimpinan DPRD Kota Makassar.

Partai dengan lambang burung garuda ini berhasil menempatkan kader-kader terbaik mereka. Dua pendatang baru, yaitu Idris dan Muh Farid Rayendra, berhasil masuk. Sementara itu, petahana yang berhasil kembali duduk adalah Eric Horas, Pahlevi, Kasrudi, dan Budi Hastuti.

Ketua OKK DPC Gerindra Makassar, Kasrudi, menyatakan bahwa dengan pencapaian tersebut, Gerindra Makassar berhak mendapatkan kursi pimpinan di DPRD Makassar setelah pada Pemilu tahun 2019 silam Gerindra kehilangan kursi pimpinan.

Baca Juga : Besok, PAN Buka Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Makassar

Namun pada Pemilu 2024, Gerindra berhasil mendapatkannya kembali (kursi pimpinan). Dipastikan kursi pimpinan pertama (Ketua) akan menjadi milik Nasdem, yang kedua (Wakil Ketua I) oleh Golkar, yang ketiga (Wakil Ketua II) oleh PKS, dan yang keempat (Wakil Ketua III) oleh Gerindra.

“Jadi, dari segi perolehan kursi, kami berhasil di Pileg 2024 ini, karena dari 5 kursi menjadi 6 kursi. Kami juga berhasil meraih kursi pimpinan,” ujar Anggota DPRD Makassar itu.

berhasil mendapatkannya kembali (kursi pimpinan). Hampir kursi pimpinan pertama (Ketua) akan menjadi milik Nasdem, yang kedua (Wakil Ketua I) oleh Golkar, yang ketiga (Wakil Ketua II) oleh PKS, dan yang keempat (Wakil Ketua III) oleh Gerindra.

Baca Juga : Demokrat, PAN, Hanura, dan Perindo Jadi Fraksi Gabungan di DPRD Makassar Periode 2024-2029

“Jadi, dari segi perolehan kursi, kami berhasil di Pileg 2024 ini, karena dari 5 kursi menjadi 6 kursi. Kami juga berhasil meraih kursi pimpinan,” ujarnya.

Tentang siapa yang akan menduduki kursi pimpinan, Kasrudi mengatakan bahwa penentuannya adalah elit partai Gerindra, baik di tingkat lokal maupun dari DPP. Namun, berdasarkan prestasi calon legislatif, menurut Kasrudi, sosok Eric Horas yang paling layak menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Makassar dari Gerindra karena memenuhi syarat.

“Alasannya adalah karena beliau memiliki suara tertinggi di partai kami dan juga menjabat sebagai Ketua Gerindra Makassar. Jadi, memang layak bagi beliau untuk menjadi wakil pimpinan di DPRD Makassar,” ungkapnya.

Baca Juga : Legislator Makassar Yeni Rahman Dorong Masyarakat Rajin Baca-Tulis Al-Qur’an di Ramadan

Kasrudi merasa bahwa perkembangan Gerindra dalam Pileg 2024 ini berkat kesuksesan Eric Horas yang dia nilai telah memimpin dengan baik.

“Berkat Pak Eric, kami bisa meningkatkan jumlah kursi dari 5 menjadi 6 bahkan ada potensi untuk mendapatkan 7 kursi, namun kita harus melihat perkembangannya terlebih dahulu. Kita menunggu hasil dari KPU,” katanya.

Kasrudi juga mengakui bahwa Efek Prabowo sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah suara dan kursi Gerindra di DPRD Makassar. Pencalonan Prabowo sebagai Presiden memberikan dampak elektoral yang besar bagi partai besutan Prabowo Subianto itu.

Penulis : Azwar
Komentar