Selasa, 21 November 2023 08:11

DPR RI Akan Rapat Paripurna untuk Sahkan KSAD Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Siang Ini

DPR RI Akan Rapat Paripurna untuk Sahkan KSAD Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Siang Ini

ABATANEWS, JAKARTADPR RI akan menggelar Sidang Paripurna untuk mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pada Selasa (21/11/2023) hari ini. Agus Subiyanto akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang bakal memasuki usia penisun pada 26 November 2023.

Agus Subianto telah mendapat persetujuan dari Komisi I DPR RI untuk menjadi Panglima TNI setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR, pada Senin 13 November 2023.

“Karena Panglima Bapak Yudo akan mengakhiri masa tugasnya, kalau sesuai aturan itu sesuai dengan ulang tahun beliau yang nantinya akan jatuh pada tanggal 26 (November),” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga : Anggota DPR RI Ujang Iskandar Ditangkap Kejagung di Bandara Soetta

“Jadi, Insyaallah (20/11) DPR RI akan melakukan sidang paripurna terkait Panglima TNI untuk menetapkan atau menyetujui usulan dari presiden terkait penggantian Panglima TNI yang akan datang,” sambung Puan.

Sebelumnya, Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR, pada Senin (13/11/2023). Agus Subiyanto memaparkan visi dan misinya jika terpilih menjadi Panglima TNI.

“Saya memiliki visi TNI yang PRIMA yaitu TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif dalam rangka membangun industri TNI yang memiliki daya tahan dan daya tempur guna menghadapi serta mengatasi segala bentuk ancaman gangguan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara,” kata Agus.

Penulis : Azwar
Komentar