Senin, 05 Februari 2024 12:10

Diisukan Latih Timnas Indonesia, Begini Respon Bernardo Tavares

Dokumentasi Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares saat sesi press converence, Selasa (22/8/2023) jelang melawan Yangon United. (foto: Official PSM Makassar)
Dokumentasi Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares saat sesi press converence, Selasa (22/8/2023) jelang melawan Yangon United. (foto: Official PSM Makassar)

ABATANEWS.COM – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares disebut-sebut memiliki peluang melatih Timnas Indonesia. Salah satu alasannya, yakni gaya permainan Timnas cukup mirip dengan pola yang diterapkan di PSM Makassar.

Hanya saja, Bernardo Tavares sedikit irit bicara saat dikait-kaitkan menjadi kandidat pengganti Shin Tae-yong. Ia, bahkan menegaskan tak tahu menahu soal adanya tawaran latih Timnas Indonesia.

“Saya tidak tahu jika ditawari melatih timnas. Saya punya kontrak dengan PSM Makassar,” ujar Tavares usai lasa PSM VS Persita pada Minggu (4/2/2024).

Baca Juga : Shin Tae-yong Jadi Orang Pertama Dapat Golden Visa di Indonesia

Pelatih asal Portugal ini, diketahui didatangkan PSM pada awal musim kompetisi 2022-2023. Pada Februari 2024, Tavares memperpanjang kontrak dengan PSM selama tiga musim atau tepatnya hingga 2025-2026.

Keputusan itu, tak lepas dengan performa Juku Eha di putaran pertama Liga 1 2022-2023 yang sukses menjadi juara paruh musim hingga performa mumpuni yang ditampilkan. Puncaknya, Tavares mampu membawa PSM meraih juara Liga 1 musim 2022-2023.

Adapun isu Tavares dimatikan melatih Timnas, bermula saat Shin Tae-yong mengaku telah mendapat tawaran dari negara lain. Kabar itu ramai dibicarakan usai ia Korea Selatan, Sports Kyunghyang melakukan wawancara dengan Shin.

Baca Juga : Lolos Semifinal Piala AFF U-19, Indra Sjafri Siapkan Indonesia Lawan Malaysia atau Thailand

Adapun kontrak STY bersama timnas Indonesia akan berakhir pada Juni 2024 nanti. Pelatih yang mengantar timnas Indonesia mencetak sejarah dengan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 itu berkomitmen untuk menghormati ikatan kerjanya.

“Soal coach Shin Tae-yong dilirik negara lain itu kan saya enggak bisa larang. Yang pasti coach dengan saya bersepakat kontraknya sampai Juni 2024 dan ada tugas yang kami sepakati,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar