Selasa, 23 Juli 2024 10:03

Delegasi Pemuda dari Seluruh Indonesia akan Melakukan Sidang pada Kegiatan Indonesia Youth Summit

Delegasi Pemuda dari Seluruh Indonesia akan Melakukan Sidang pada Kegiatan Indonesia Youth Summit

ABATANEWS, MAKASSAR – Tokka Tena Rata di Kabupaten Maros sebagai lokasi Indonesia Youth Summit telah dipoles sedemikian rupa demi kelancaran kegiatan Indonesia Youth Summit dengan tema ”Menuju Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan oleh Dispors Makassar selama dua hari, Selasa hingga Rabu 23-24 Juli 2024.

Sebanyak 300 orang pemuda menjadi repsresentasi Kab/Kota masing-masing. Di Sulawesi Selatan sendiri, sebanyak 24 Kab/Kota mengutus setiap perwakilan pemuda serta pendamping untuk mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, beberapa kota dan kabupaten dari tiap-tiap provinsi di seluruh Indonesia juga turut mengiutus delegasi pemudanya, seperti Kota Bandung, Kota Kediri, Yogyakarta, Sukabumi, Medan, Kota Cirebon, DKI Jakarta, Kota Bengkulu, Kota Batam, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Minasaha Tenggara, hingga Kabupaten Muna yang tetletak di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : Danny Pomanto: RS Kemenkes Makassar Bisa Beckup IKN dan Indonesia Timur

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, A. Tenri Lengka Bau Djemma mengatakan Ramdhan Pomanto selaku Walikota Makassar mendukung penuh kegiatan Indonesia Youth Summit ini dengan menjadikan Objek Wisata Bukit Tokka Tena Rata sebagai lokasi kegiatan Indonesia Youth Summit. Berlokasi di bukit tentu saja membuat pelaksanaan kegiatan ini berkonsep Camping dan penuh dengan outdoor activities.

“Kami selaku penyelenggara Indonesia Youth Summit tentu saja sangat mengapresiasi dari kesediaan panitia bekerja keras dalam menyiapkan kegitan agar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan baik khususnya pada hasil rekomendasi kebijakan suara pemuda. Kami juga berharap peserta dari setiap daerah di Indonesia merasa terkesan dan dapat diterima dengan baik di Kota Makassar ini.” katanya.

Turut hadir para narasumber hebat sebagai representasi dari topik tiap sidang pemuda yang diadakan, seperti Dita Aisyah selaku Co-Founder Binar Academy yang akan berfokus di topik digitalisasi dan Zensa Rahman selaku Managing Director dari Pemimpin.id.

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Ajak Sapma PP Sulsel Kolaborasi Majukan Kota Makassar

Lebih dari itu, Bima Arya selaku Walikota Bogor periode 2014-2024 pun turut serta menghadiri kegiatan ini sebelum ditutup dengan Keynote speech oleh Walikota Makassar.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan wadah kolaborasi dan penguatan sinergi kepada seluruh pemuda di Indonesia untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan dan berkontribusi langsung dalam penyusunan dan deklarasi “Suara Pemuda Indonesia” yang merupakan rekomendasi kebijakan nasional.

Indonesia Youth Summit mengusung 4 sub pembahasan yang akan didiskusikan pada sisang pemuda yakni, digitalization, future leader, economic transformation, dan environment sustainability.

Baca Juga : Danny Pomanto dan Dubes Australia Bahas Kerja Sama Pendidikan dan Lingkungan

Pada Indonesia Youth Summit 2024, IYS dirangkaikan dengan Makassar F8 (Festival Tahunan Kota Makassar) yang merupakan Top 10 Karisma Event Nusantara, sehingga menjadikan peserta IYS secara resmi juga akan turut serta dalam perhelatan opening ceremony pada Festival F8.

Penulis : Azwar
Komentar