Selasa, 21 Mei 2024 20:09

Cuaca Panas di Madinah, Kaki Jenaah Haji Melepuh

Salah seorang jenaah Haji asal Indonesia kakinya melepuh akinat tidak menggunakan alas kaki ditengah cuaca panas di Madinah dan mendapat pertolongan dari Tim MCN. (foto: Kemenag RI)
Salah seorang jenaah Haji asal Indonesia kakinya melepuh akinat tidak menggunakan alas kaki ditengah cuaca panas di Madinah dan mendapat pertolongan dari Tim MCN. (foto: Kemenag RI)

ABATANEWS, MADINAH – Seorang jemaah calon Haji (CJH) asal Indonesia mengalami luka pada bagian telapak kakinya. Hal itu, disebabkan karena jemaah tersebut tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas di Madinah, Arab Saudi.

Berdasarkan artikel yang diterbitkan website Kemenag RI, telapak kaki jemaah perempuan asal Kabupaten Malang itu melepuh karena cuaca yang cukup panas di Madinah. Alhasil, telapak kakinya berwarna merah dan sebagian di antaranya melepuh.

Jemaah haji asal Kabupaten Malang ini baru saja pulang dari salat Zuhur berjamaah di Masjid Nabawi. Dia lupa meletakkan sendalnya, lalu berjalan dari pelataran masjid menuju arah hotel tanpa alas kaki,” tulis artikel Kemenag RI dikutip Selasa (21/5/2024).

Baca Juga : Banyak Perubahan Layanan Jemaah Haji, Menag Akui Kontrak dengan Arab Saudi Sudah Sesuai

Sebenarnya, jarak masjid ke hotel jemaah tersebut tidak jauh dan hanya bisa ditempub selama 10 menit jalan kaki. Namun, karena terik matahari yang sangat menyengat menjadikan lantai pelataran Masjid Nabawi dan jalan aspal menuju hotel juga sangat panas.

“Suhu udara siang hari di Madinah mencapai 41 derajat celsius. Akibatnya bisa ditebak. Kaki jemaah ini melepuh,”

Sebelum masuk hotel, jemaah itu membeli sandal, lalu beristirahat sejenak di teras penginapan tempat dia menginap yang berlokasi di kawasan Markaziah Syimaliah.

Baca Juga : Kemenag Catat 84 Jemaah Calon Haji Indonesia Tutup Usia di Arab Saudi

Beruntung, Tim Media Center (MCH) telah memberikan pertolongan kepada jrmaah tersebut. “Untuk mendinginkan agar kakinya tidak makin mengelupas. Setelah itu baru nanti diobati,” kata Rena, salah satu Tim MCH.

Ia pun meminta kepada jemaah agar memperhatikan kondisi cuaca di Madinah yang makin menyengat. “Saat hendak ke masjid, diimbau jemaah membawa tas khusus sandal. Tas itu bisa dibawa saat masuk masjid. Agar tidak lupa,” imbuhnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar