Sabtu, 22 Oktober 2022 16:03

Covid-19 varian XBB Masuk Indonesia, Negara Tetangga Alami Lonjakan Kasus

Covid-19 varian XBB Masuk Indonesia, Negara Tetangga Alami Lonjakan Kasus

ABATANEWS, JAKARTA — Kementerian Kesehatan RI ungkap Covid-19 varian XBB sudah masuk Indonesia. Beberapa negara tetangga, seperti Singapura mengalami lonjakan angka infeksi Covid-19 yang mencapai 6.000 kasus per harinya.

Menkes, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa, pemerintah dalam hal ini Kemenkes tengah mengamati perkembangan dari penularan Covid-19 varian baru tersebut.

“Kita tahu, Singapura yang dulu hanya ratusan kasusnya, sekarang naik menjadi 6.000 kasus per hari, karena ada varian baru yang namanya Covid-19 XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesia, kita amati terus,” Ujar Budi Gunadi Sadikin dalam acara webinar, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Partisipasi masyarakat dalam melakukan vaksinasi dirasa Budi menciptakan imunitas masyarakat yang baik.

“Jadi selama 6 bulan sejak awal tahun biasanya ada siklus kenaikkan gelombang karena ada varian baru, kita tidak. Artinya adalah memang Indonesia telah berhasil menangani pandemi dengan baik” Kata Menkes.

Menkes Budi Gunadi Sadikin, juga melengkapi sudah ada 444 juta dosis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

“Masih ada tantangan yang akan tumbuh. Tapi kita beruntung, karena vaksinasi kita sangat baik. Sekarang sudah 444 juta dosis disuntikkan, lebih dari 204 juta populasi kita, sehingga imunitas masyarskat kita baik,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), masih terus diterapkan pemerintah, hingga bulan Januari dan Februari tahun mendatang. Selain itu, Menkes mengganggap bahwa PPKM merupakan instrumen yang terbukti sangat baik untuk meimplementasikan protokol kesehatan di daerah jika terjadi sesuatu.

Komentar