Minggu, 11 Juli 2021 17:23

Bullying Tak Surutkan Semangat Satgas Detektor Periksa Kesehatan Warga

Henni Handayani (kanan)
Henni Handayani (kanan)

ABATANEWS, MAKASSAR – Meski mendapat bullying dan segelintir komentar negatif di media sosial, Satgas Detektor Makassar Recover tak surut melakukan deteksi ke masyarakat dengan mendatangi satu per satu rumah warga.

Satgas detektor justru disambut baik oleh warga saat datang melakukan pemeriksaan kesehatan.

Satgas Detektor turun dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sebelum turun, dilakukan penyemprotan disinfektan ke pakaian yang digunakan.

Baca Juga : Pemkot Makassar Aktifkan Kembali Makassar Recover Untuk Cegah Omicron

Di hari kedua, satgas bekerja lebih massif bergerak hingga tingkat RT melakukan pemeriksaan kesehatan warga.

“Meski hari ini libur, tapi satgas detektor tetap turun melakukan pendataan kesehatan warga. Tentu ini untuk upaya mempercepat mencegah dan memutus mata rantai Covid-19,” ujar Juru Bicara Tim Makassar Recover, Henni Handayani.

Satgas detektor covid mendatangi rumah warga untuk melakukan deteksi atas status kesehatan masing-masing. Para detektor dibekali alat kesehatan yakni pengecek suhu tubuh, saturasi oksigen, dan tekanan darah juga alat tes Covid-19.

Baca Juga : Danny Paparkan Capaian Pemkot Makassar Sepanjang Tahun 2021

Dalam pelaksanaan screening ini, semua data terkait status kesehatan warga diinput dalam aplikasi Makassar Recover.

“Data primer yang telah dikumpulkan di lapangan akan dikirim ke command center yang selanjutnya akan ditabulasi untuk menentukan status penilaian kesehatan warga kota Makassar secara real time,” ujar Henni.

Selain mengecek kesehatan, satgas detektor juga melakukan upaya edukasi perihal berbagai langkah tepat dalam menghadapi Covid-19. Seperti prosedur isolasi mandiri di rumah jika ada yang terpapar dengan gejala ringan hingga alur tindakan medis diberikan kepada warga dengan gejala berat.

Baca Juga : Kunjungan Kerja Bupati Sleman, Danny Perkenalkan Program Makassar Recover

“Satgas detektor ini sangat ditekankan untuk bekerja sesua standar operasional prosedur, menaati protokol kesehatan dan menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat,” tambah Henni.

Satgas Detektor covid tersebut akan bertugas seterusnya hingga data status kesehatan warga terpenuhi sesuai target yang ditetapkan.

Komentar
Berita Terbaru