Senin, 06 Desember 2021 15:01

BMKG Makassar: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 3 Hari

BMKG Makassar: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 3 Hari

ABATANEWS, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi wilayah Sulsel akan dilanda cuaca ekstrem. Yang mana diprediksi bakal terjadi hujan lebat dan angin kencang dalam tiga hari ke depan.

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan menjelaskan peningkatan aktivitas Monsun Asia menjadi penyebab utama. Di mana aktivitas tersebut menimbulkan massa udara yang basah.

“Sehingga kondisi dinamika atmosfer meningkatkan potensi hujan sedang hingga lebat,” ujar Darmawan, Senin (6/12/2021).

Baca Juga : Jadwal Musim Hujan di Sulsel Versi BMKG

Bersamaan dengan itu, kondisi tersebut turut memicu pola pertemuan dari laut Jawa hingga Sulawesi. Sehingga, meningkatkan anomali suhu muka laut di wilayah Selat Makassar dan Teluk Bone.

 

View this post on Instagram

 

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya Hari Ini: Waspadai Hujan Ringan hingga Sedang di Beberapa Wilayah

A post shared by abatanews.com (@abatanews)

“Makanya cuaca hujan lebat yang akan datang turut disertai dengan angin kencang hingga gelombang tinggi,” jelasnya.

Baca Juga : Berikut Perkiraan Cuaca di Wilayah Sulsel Hari Ini, Luwu Hingga Palopo Berpotensi Hujan

Saat ini, kondisi cuaca di wilayah Sulsel memang telah memasuki masa ekstrim. Sebab beberapa wilayah telah terdampak cuaca buruk sejak Minggu 5 Desember 2021.

Di Kabupaten Soppeng misalnya, banjir bandang telah melanda daerah tersebut dan mengakibatkan dua rumah beserta isinya hanyut. Selain itu, hujan lebat dalam dua hari terakhir turut terjadi di Kota Makassar dan sekitarnya.

Sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar, juga telah mengeluarkan peringatan dini terkait kodisi gelombang tinggi di laut yang terjadi di beberapa daerah di Sulsel dan mengakibatkan banjir Rob. Daerah yang terdampak yakni Kota Parepare, perairan spermonde Makassar, perairan spermonde Pangkep, dan perairan Kepulauan Selayar.

Baca Juga : BMKG Prediksi Makassar Hingga Gowa Dilanda Hujan Ringan Siang Ini

Kami berharap masyarakat bisa waspadai cuaca ekstrem ini dan tetap memperhatikan informasi BMKG,” pungkas Darmawan.(Wahyu Susanto)

Komentar