Jumat, 08 April 2022 16:07

BLT Minyak Goreng Dibagi Pekan Depan

BLT Minyak Goreng Dibagi Pekan Depan

ABATANEWS, MAKASSAR – Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyebut, program bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng akan mulai dibagi pekan depan.

Bahkan, sudah ada beberapa yang menerima BLT minyak goreng itu dari tangan langsung Presiden Joko Widodo, saat melakukan kunjungan di Pasar Rakyat Angso Duo, Kota Jambi, kemarin (7/4/2022).

Menurut Susiwijono, saat ini TNI dan Polri serta Kemensos selaku penyalur tengah dalam tahap merampungkan persiapan teknis.

Baca Juga : Bantuan Langsung Tunai di Luwu Utara Mulai Disalurkan

“Persiapan sudah jalan semua, mudah-mudahan pedoman selesai minggu ini. Minggu depan sudah mulai penyaluran,” ujar Susi dalam konferensi pers virtual, pada Jumat (8/4/2022).

Dengan begitu, kata Susi, mereka bisa memastikan target Jokowi agar bantuan ini bisa tersalurkan semuanya selama momentum ramadhan atau paling lama seminggu sebelum lebaran, bisa direalisasikan.

Susi menjelaskan, bantuan dengan besaran insentif Rp 100 ribu per penerima untuk satu bulannya, untuk selama tiga bulan. Dana akan langsung dikucurkan sekaligus pada bulan April 2022.

Baca Juga : Jokowi Ungkap Alasan Bagi-bagi Bansos Jelang Pemilu 2024

Rinciannya, BLT minyak goreng ini disalurkan pada 20,65 juta keluarga penerima manfaat. Terdiri dari 18,8 juta penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan 1,8 juta penerima program keluarga harapan (PKH) yang disalurkan lewat Kemensos.

Selain itu, sebanyak 2,5 juta pedagang kaki lima dan warung, khususnya pedagang gorengan, juga akan mendapatkan stimulus ini. Penyaluran dilakukan oleh aparat TNI dan Polri.

“Percepatan bisa dilakukan karena skema dua rumpun program yang sudah berjalan di Kemensos dan TNI/Polri,” ujarnya.

Penulis : Imam Adzka
Komentar