Senin, 27 November 2023 16:07

Berpakaian Adat, Pj. Bupati Takalar Irup Upacara Hari Guru Nasional tahun 2023

Berpakaian Adat, Pj. Bupati Takalar Irup Upacara Hari Guru Nasional tahun 2023 

ABATANEWS, TAJALAR – Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional tingkat Kabupaten Takalar tahun 2023 di Lapangan HM. Dg. Sibali, Senin (27/11/2023).

Pada upacara tersebut, mengambil Tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Dr. Setiawan dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar.

Baca Juga : Rapat Koordinasi BUMD di Takalar Fokus pada Peningkatan Layanan

Ia optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir.

Dijelaskan pula pada tahun pertama Merdeka Belajar, menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

“Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid,” katanya.

Baca Juga : Buka Festival Budaya dan Seni, Pj Bupati: Lestarikan Adat dan Budaya Galesong

Lalu di tahun berikutnya, meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid,” jelasnya.

Terobosan besar hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga : Disparpora dan TP-PKK Takalar Gelar Sosialisasi Daur Ulang Sandang

Karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

“Saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan. dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutupnya.

Upacara Peringatan HKG dihadiri Ketua DPRD Kab. Takalar, Sekda Takalar, Wakapolres Takalar, Kepala Dinas Pendidikan bersama staf, para Kepala Sekolah dan Guru se-Kab. Takalar serta para murid sekolah tingkat SD, SMP dan SMA se-Kab. Takalar dengan menggunakan pakaian adat.

Penulis : Wahyuddin
Komentar
Berita Terbaru