Sabtu, 11 Mei 2024 10:12

Begini Kesiapan Penyambutan Calon Jemaah Haji di Marina Arab Saudi

Dok kedatangan Calon Jemaah Haji (CJH) di Arab Saudi. (foto: Kemenag Ri)
Dok kedatangan Calon Jemaah Haji (CJH) di Arab Saudi. (foto: Kemenag Ri)

ABATANEWS, JAKARTA – Calon Jemaah Haji (CJH) reguler asal Indonesia akan mulai tiba di Kota Nabawi dua hari ke depan. Kloter pertama dijadwalkan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada 12 Mei 2024 dan akan disambut petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara bersiap sambut jemaah.

Kadaker Bandara Abdillah mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat yang bertujuan mengecek dan memastikan seluruh kesiapan perangkat tugas dan layanan dalam menyambut jemaah saat mendarat di Bandara AMAA Madinah.

“Tugas mulia dari negara dan agama ini harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. Tugas kami melayani jemaah, membuat mereka merasa senang dan gembira dalam melaksanakan ibadah selama di Haramain,” terang Abdillah di Madinah, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga : Kemenag Catat Sejumlah Masalah Terjadi Saat Penerbangan Jenaah Calon Haji ke Madinah

Jemaah haji yang pertama tiba di Bandara AMAA Madinah adalah kloter pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01). Dijadwalkan para dhuyufurrahman akan mendarat pada pukul 07.00 WAS (waktu Arab Saudi) melalui pintu atau gate Fast Track.

“Kita akan segera memastikan prosesi penyambutan jemaah haji berlangsung sukses dan lancar. Nantinya, akan hadir sejumlah pejabat baik dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi. Sebagai acuan, pihaknya akan merilis jadwal kedatangan secara berkala,” terangnya.

Selama operasional kedatangan, petugas Daker Bandara AMAA akan ditempatkan pada tiga sektor. Pembagian sektor ini didasarkan pada penyambutan pada tiga pintu (gate) kedatangan jemaah haji.

Baca Juga : Cuaca Panas di Madinah, Kaki Jenaah Haji Melepuh

“Pastikan komponen layanan, khususnya bagi jemaah haji lansia di bandara sudah siap, baik sarana prasarana maupun personilnya” pesan Abdillah pada timnya.

Abdillah berharap, seluruh petugas daker bekerja maksimal dan saling bantu. Menurutnya, bandara merupakan gerbang pertama dan menjadi cerminan utama atas layanan kepada jemaah haji di tanah suci.

“Jika di bandara, kita sudah mampu membuat jemaah haji merasa bahagia dan tersenyum, maka Insya Allah akan menjadi awal yang baik bagi datangnya kebahagiaan kebahagiaan lain selama berada di Tanah Suci,” tutup Kadaker.

Baca Juga : 128 Ribu Jemaah Haji Reguler 2024 Dapat Layanan Fast Track

Sehari sebelum kedatangan jemaah, petugas daker akan melakukan orientasi lapangan, mapping dan simulasi layanan di Bandara AMAA Madinah.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar