Minggu, 20 Oktober 2024 13:12

Batuk-batuk, Alasan Megawati Tak Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres

Megawati Soekarno Putri
Megawati Soekarno Putri

ABATANEWS, JAKARTA – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, tidak hadir dalam pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Minggu (20/10/2024). Ketidakhadiran ini menimbulkan spekulasi, namun Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, memberikan klarifikasi bahwa alasan utama adalah kesehatan Megawati yang menurun.

Menurut Basarah, Megawati sudah menyampaikan permohonan maaf kepada Prabowo melalui dirinya. Pesan tersebut disampaikan pada 17 Oktober 2024 kepada Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani. “Ibu Mega meminta saya untuk menyampaikan permohonan maaf ke Pak Prabowo karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk hadir dalam pelantikan tersebut,” ujar Basarah di gedung DPR/MPR.

Penurunan kesehatan Megawati terjadi setelah rangkaian kunjungan Napak Tilas ke Rusia dan ziarah ke makam Imam Bukhori. Dalam ziarah yang berlangsung di area terbuka berdebu, Megawati tidak menggunakan masker, yang menyebabkan batuknya belum kunjung sembuh hingga kini. “Saat menghadiri sidang doktoral Hasto Kristiyanto, Ibu Mega beberapa kali batuk, dan beliau tidak ingin hal ini mengganggu prosesi pelantikan yang sakral,” lanjut Basarah.

Baca Juga : Sisa 3 Hari, MPR Belum Sampaikan Undangan Pelantikan Presiden ke Megawati

Basarah juga menekankan bahwa ketidakhadiran Megawati bukanlah bentuk penolakan terhadap pelantikan Prabowo sebagai Presiden. “Ibu Mega tidak hadir bukan karena menolak pelantikan Pak Prabowo, tetapi semata-mata karena kondisi kesehatannya,” tegasnya.

Selain itu, calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 lalu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga tak terlihat hadir pada prosesi pelantikan ini, padahal sebelumnya dinyatakan akan hadir.

Mahfud mendadak batal hadir lantaran harus bertolak ke kampung halamannya. Sebab, orang tua Mahfud tiba-tiba mengalami sakit.

Baca Juga : Megawati dan SBY Tidak Hadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Pilih Acara di Tempat Lain

“Pagi seharusnya saya siap2 ke Gedung MPR utk menghadiri Pelantikan Presiden. Tetapi tiba2 saya hrs menengok Ibu di Surabaya. Saya sdh beritahukan kpd Pimpinan MPR bhw saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sdh berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT.,” tulis Mahfud di akun X miliknya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar